Timbulkan Debu, Truk Pengangkut Batubara Diprotes Warga

MAYANGAN-PANTURA7.com, Keberadaan truk-truk besar pengangkut batubara dari pelabuhan paru yang dikelola PT Delta Artha Bahari Nusantara (DABN) diprotes warga Mayangan, Kota Probolinggo. Soalnya truk-truk itu menimbulkan debu yang mengganggu permukiman warga di kawasan pantai itu.

Protes dilancarkan warga RT 07/RW 03, Kelurahan Mayangan, Kecamatan Mayangan. Mereka menilai, truk-truk pengangkut batubara itu tidak memenuhi standar yang sudah ditentukan.

Bahkan sejumlah warga yang berjualan di pinggir jalan terpaksa menutup dagangan mereka akibat debu maupun kerikil yang berjatuhan.

“Sebenarnya aktivitas truk yang mengangkut batubara sudah terjadi sejak beberapa bulan yang lalu. Hampir puluhan kali truk bolak-balik setiap hari mengangkut batubara tersebut,” kata Ketua RW setempat, Mukhlis, Senin (16/11/2020).

Mukhlis menilai, truk-truk pengangkut batubara tak sesuai standar. Memang truk yang mengangkut dalam kondisi tertutup terpal namun masih kurang sempurna. Sehingga mengeluarkan debu dan kerikil kecil.

Warga sudah beberapa kali melayangkan protes keras kepada manajamen PT DABN, sayangnya tak digubris sama sekali.

Bahkan, sampai warga menegur sopir truk agar menutup bak truk mereka dengan menggunakan terpal yang sempurna hingga tidak mengeluarkan debu maupun batu-batu kecil yang berjatuhan di jalan.

Truk pengangkut batubara menghasilkan debu di sepanjang jalan dari pelabuhan. Setiap hari warga di pinggir jalan menghidup udara bercampur debu juga batu kecil.

“Kami sangat keberatan dengan lalu lalang truk pengangkut batubara, karena sepanjang Jalan disini membuat jalanan berdebu,” kata Wawan, warga lainnya.

Dampak debu batubara, kata Wawan, sangat luar biasa. Selain mengganggu pernapasan, juga debu yang berhamburan juga mengganggu aktivitas warga. “Banyak warga dengan terpaksa menutup jualannya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala PT DABN Sumaji, saat dihubungi melaui WA tidak ada tanggapan. (*)

Baca Juga  Alami Pendangkalan, Pemprov Jatim Segera Poles Pelabuhan Perikanan Mayangan

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Tabrak ‘Bokong’ Truk, Pemuda Krejengan Meregang Nyawa

Probolinggo – Kecelakaan maut kembali terjadi di Jalur Pantura, Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. …