Walikota dan Forkopimda meninjau stand di GPM (Istimewa).

Stabilkan Harga Sejumlah Komoditas, Pemkot Probolinggo Gelar Gerakan Pasar Murah

Probolinggo – Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo, Senin pagi (16/10/23) menggelar Gerakan Pasar Murah (GMP) di depan kantor Pemkot Probolinggo. Selain untuk memperingati Hari Pangan Nasional, GPM juga untuk menstabilkan sejumlah harga kebutuhan pokok yang naik.

Untuk menggelar GMP, Pemkot Probolinggo menggandeng Badan Pangan Nasional serta Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP). Komoditas yang dijual di GMP merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang dijual dengan harga standard.

Komitas tersebut yakni, beras medium SPHP Bulog dijual dengan harga Rp51 ribu per 5 kilogram (kg), beras premium merek Ramos dengan harga Rp68 ribu per 5 kg, Gula Maniskita Rp14 ribu per kg, minyak goreng merek Minyakita Rp13.500 per kg, telur ayam Rp22.500 per kg, bawang merah Rp14 ribu per kg, dan cabai rawit Rp8 ribu per seperempat kg.

“Jadi gelaran Gerakan Pasar Murah ini merupakan wujud hadirnya pemerintah untuk menjaga harga pangan di pasaran. Semoga dengan GPM ini bermanfaat,” ujar Walikota Probolingo, Habib Hadi Zainal Abidin.

Walikota mengungkapkan, komoditas yang dijual di GPM ini harganya lebih murah daripada di pasaran. Sehingga masyarakat yang datang dapat memilih komoditas yang dijual.

“Saya jamin harga komoditas yang dijual ini lebih murah daripada di pasaran. Masyarakat yang datang dapat memilih komoditas yang dibutuhkan. Selain itu, untuk tingkat inflasi di Kota Probolinggo masih rendah,” kata Habib Hadi.

Sementara salah satu warga, Aini mengatakan, ia datang ke acara ini untuk membeli beras, yang harganya murah. Kualitas beras yang dijual juga bagus.

“Harga beras yang saya beli Rp51 ribu per lima kilogram lebih murah jika dibandingkan di luar yang mana harganya Rp63 ribu per lima kilogram,” ujarnya. (*)

Baca Juga  Taktis! Raider 503 Bebaskan Wali Kota Probolinggo yang Disandera Terorid

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Harga Beras dan Gabah Jomplang Banget! Petani Lumajang Salahkan Beras Impor

Lumajang,- Harga beras premium di Kabupaten Lumajang kini mencapai Rp15.000 ribu per kilogram (kg). Ironisnya, …