BAK SURGA: Eksotika alam di Wisata Sarkawi Kali Kebo, Pronojiwo, Lumajang. (foto: Asmadi)

Mengunjungi Wisata Sarkawi Kali Kebo, Surganya Healing di Lereng Semeru

Lumajang,- Kabupaten Lumajang bak surganya wisata. Potensi wisata di daerah berjuluk kota pisang itu seolah tak pernah mati, bahkan selalu ada destinasi wisata baru.

Salah satu objek wisata di Lumajang yang kini digandrungi wisatawan adalah wisata Sarkawi Kali Kebo, Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo.

Wisata Lumajang Sarkawi Kali Kebo ini menyajikan panorama alam alami, dengan view Gunung Semeru yang mempesona.

Selain sebagai tempat liburan untuk menghilangkan penat, kawasan itu juga sering dijadikan tempat camping ground atau tempat wisatawan berkemah.

Hamparan hijau rerumputan dan aliran sungai Kali Kebo, membuat wisatawan tenang. Tentu yang tak kalah seru, destinasi itu sangat ‘Instagramable’ dengan berbagai latar spot foto.

Untuk berkunjung ke objek wisata di sisi selatan Kabupaten Lumajang ini, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 42,3 kilometer dari pusat kota Lumajang.

Dari pusat Kabupaten Lumajang, terus melaju ikuti jalan utama ke Malang via Selatan yang menyeberangi Jembatan Gladak Perak.

HEALING: Sejumlah wisatawan menikmati pesona alam wisata Sarkawi Kali Kebo di Pronojiwo, Lumajang. (foto: Asmadi)

Terus lurus sampai Rest Area Letter U. Terus lurus ikuti jalan utama sampai ada SD Negeri Sumberurip, lalu belok kanan di gang depan SD itu dan tinggalkan jalan utama Malang-Lumajang.

Susuri jalan sampai pertigaan di ujung kampung. Terus lurus di pertigaan dan tinggalkan permukiman. Perjalanan nanti akan masuk jalur pasir dan berbatu. Terus melaju hingga sampai di spot camping Sarkawi Sumberurip, tepatnya di Spot Kali Kebo.

Salah satu pengunjung, Linda Emayanti (26), mengatakan, ia sudah 2 kali datang ke Sarkawi Kali Kebo. Menurutnya, dengan view pemandangan alam Gunung Semeru yang menyejukkan, wisata itu cocok untuk healing atau sekedar menikmati pemandangan alam.

“Disinilah tempat kita menenangkan hati, pikiran penat, apalagi pas putus sama pacar. Disini tempat yang cocok untuk mendamaikan hati,” kata Linda sembari tersenyum, Minggu (8/10/23).

Baca Juga  Mahameru Akustik Tersaji di Lereng Gunung Semeru, Sukses Hipnotis Penonton

“Meski perjalanan melelahkan, tetapi, rasa lelah dan penat akan terbayarkan jika berkunjung ke wisata Lumajang Sarkawi Kali Kebo Sumberurip Pronojiwo ini,” imbuh wisatawan asal Kota Surabaya ini.

Untuk menuju ke wisata Sarkawi Kali Kebo Sumberurip, tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Para wisatawan cukup membawa bekal makanan dan minuman dari rumah dan selanjutnya bisa menikmati wisata selama 24 jam.

“Wisata Lumajang Sarkawi Kali Kebo menjadi rekomendasi tempat untuk healing, camping ground, dan tempat yang hits untuk berswafoto” pungkas dia. (*)

 

 

Editor:Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga

TWSL Masih Jadi Wisata Favorit Libur Lebaran di Probolinggo

Probolinggo,- Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) Kota Probolinggo masih menjadi tempat favorit warga pada libur …