Perbaikan pipa yang rusak yang dilakukan Pemerintah Desa Wonotoro. (Foto: Istimewa)

Pasca Kebakaran, Desa Wonotoro Perbaiki Pipa Air Bersih

Probolinggo – Untuk memulihkan pasokan air bersih pasca kebakaran, Pemerintah Desa Wonotoro, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo memperbaiki saluran pipa yang rusak. Perbaikan pipa sepanjang sekitar 300 meter ini menelan biaya sekitar Rp10 juta.

Kepala Desa Wonotoro, Sarwo Slamet mengatakan, perbaikan pipa tersebut digarap sejak Kamis pagi dengan bantuan dari TNI dan Polri. Namun lantaran lokasi dan medan yang dilalui, pengerjaan pipa tersebut baru dapat dikerjakan pada Kamis siang.

“Ada dua titik lokasi pipa yang rusak, yang berada di Bukit Watangan dan Bukit Widangan dengan total panjang 300 meter. Perbaikan pipa yang rusak ini dengan cara mengganti pipa baru,” ujarnya.

Pergantian dua titik pipa saluran air bersih yang rusak total menggunakan sekitar 60 pipa baru yang mulai diangkut menuju lokasi sejak Kamis pagi. Kerusakan pipa tersebut mulai dari pipa yang rusak hingga bocor.

Dari total 300 meter pipa yang rusak akibat kebakaran, pihak Desa Wonotoro mengalokasikan dana sekitar Rp10 juta.

“Ada sebanyak 114 KK yang tidak teraliri air bersih akibat pipa yang rusak. Dengan perbaikan pipa yang rusak ini, masyarakat segera dapat kembali mendapat air bersih,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, sejak awal September 2023, Savana Bromo yang mengering terbakar. Tak hanya itu, kebakaran savana ini terus merembet ke hampir seluruh wilayah di Bromo, mulai dari Probolinggo, Malang, Pasuruan, hingga Lumajang. Akibat kebakaran ini pipa air bersih warga sejumlah desa rusak. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Tekan Kriminalitas dan Kecelakaan, Belasan CCTV Dipasang

Baca Juga

Lima Pejabat Eselon II Pemkab Probolinggo Pensiun Tahun ini

Probolinggo,- Tahun ini ada lima pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang …