HEALING: Sejumlah wisatawan sedang menikmati eksotika alam Air Terjun Kapas Biru di Desa Pronojiwo, Lumajang. (foto: Asmadi)

Eksotika Air Terjun Kapas Biru Lumajang, Pas untuk ‘Healing’

Lumajang,- Satu lagi destinasi wisata menakjubkan dimiliki Kabupaten Lumajang. Objek wisata ini adalah Air Terjun Kapas Biru, yang terletak di Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo.

Air Terjun Kapas Biru berjarak sekitar 50 kilometer (km) dari pusat Kota Lumajang. Jika arus lalu lintas normal, perjalanan dari pusat kota ke lokasi membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Nama yang disematkan, seolah sudah mendeskripsikan keindahan alam yang di miliki objek wisata ini. Jatuhnya air yang terpecah menjadi bagian kecil memberikan pemandangan bak kapas.

Air yang bening bersih bercampur pecahan embun yang dihasilkan memberikan warna biru dari sisi dasar air terjun semakin keluar.

Untuk menikmati wisata ini, pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp10 ribu per orang. Sementara tarif parkir sepeda motor Rp5 ribu dan tarif parkir mobil sebesar Rp10 ribu per unit.

Salah satu pengunjung, Risma Indianti, mengatakan, ia baru pertama kali melihat air seperti kapas dengan mata telanjang. Selain takjub, wanita asal Kota Surabaya ini merasa nyaman.

“Ini sangat luar biasa sekali. Pantas saja Lumajang ini dijuluki sebagai salah satu surga wisata di Indonesia. Rasa lelahku dari Surabaya terbayarkan setelah melihat pemandangan yang sangat luar biasa ini,” kata Risma, Minggu (17/9/23).

EKSOTIK: Keasrian Air Terjun Kapas Biru, yang terletak di Desa / Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. (foto: Asmadi).

Pengelola wisata Air Terjun Kapas Biru, Bagus Dimas menyebut, pemandangan di sekitar air terjun semakin elok saat berpadu dengan sinar matahari yang masuk melalui celah tebing sehingga menghasilkan kerap memunculkan pelangi.

“Serangkaian fenomena yang terpancar saat ditemukan, menghasilkan nama dan julukannya yang dikenal saat ini,” ungkap Bagus.

Ia menambahkan, pemandangan indah dari air terjun yang paling puncak dan memukau terjadi sekitar pukul 09.00 WIB sampai 10.00 WIB. Selain itu, pelangi yang dihasilkan dari pecahan air dan perpaduan sinar matahari, membuat eksotika kian sempurna.

Baca Juga  Pemkab Lumajang Jamin Biaya Medis Korban Laka KA Probowangi Vs Minibus

“Kapanpun pengunjung mau datang kesini, pasti akan dimanjakan oleh pemandangan air yang indah, hanya saja tentu keindahan puncaknya berbeda,” urainya.

Keasriannya yang masih terjaga, dengan jernihnya air yang diketahui berhulu dari sungai di kaki Gunung Semeru, membuat Air Terjun Kapas Baru, menjadi tempat yang sangat cocok sebagai tujuan liburan.

Mahakarya sang pencipta dengan mengalirkan air dari dua sisi tebing yang menjulang tinggi itu sangat memanjakan mata saat tiba di lokasi.

Nuansa alami yang menyegarkan membuatnya menjadi tujuan hampir semua kalangan. Tidak hanya pengunjung dari luar kota, bahkan turis dari berbagai negara juga kerap kali berkunjung.

“Kesegaran air terjun juga banyak menarik wisatawan asing, karena keindahan dan kesegaran airnya, Air Terjun Kapas Biru pasti bikin penasaran,” pungkas Bagus. (*)

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …