LULUS: Cak Thoriq saat mengikuti sidang disertasi di gedung Widyaloka Universitas Brawijaya Malang. (foto: Asmadi)

Mantap! Bupati Lumajang, Cak Thoriq, Resmi jadi Doktor Lingkungan

Lumajang,- Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, tidak hanya piawai menjalankan roda pemerintahan. Disela-sela kesibukan, ia masih bisa menyelesaikan program S-3 dan dinyatakan lulus dalam sidang disertasi yang digelar di gedung Widyaloka Universitas Brawijaya Malang, Jumat (15/9/2023).

Disertasi yang disusun Bupati Thoriq berjudul ‘Kebijakan Pemulihan Lingkungan Berkelanjutan (Studi Pada Pertambangan Pasir di Lumajang)’. Disertasi membedah proses kebijakan yang sudah dilakukan untuk memperbaiki tata kelola niaga pertambangan pasir di Lumajang.

“Menurut saya, ini pengalaman akademik yang sangat menantang. Di ujian yang barusan saya jalani, ada beberapa tahapan-tahapan yang membuat saya gemetaran. Alhamdulillah saya lulus ujian,” kata Cak Thoriq, sapaan akrab Bupati Lumajang.

Untuk menyelesaikan proses S-3 ini, ia harus meluangkan waktu ditengah padatnya jadwal kedinasan. Selain itu, ia juga berburu waktu untuk mengerjakan beragam tugas hingga membuat disertasi.

“Tentu ini sangat tidak mudah, karena kita ketahui, Kabupaten Lumajang beberapa tahun ini mengalami beberapa musibah, sehingga saya harus bisa meluangkan waktu untuk mengerjakan tugas S-3 ini,” jelasnya.

Program S-3 yang ia sandang, bertujuan agar dunia pendidikan selalu berjalan beriringan dengan pemangku kebijakan. Sebab jika keduanya saling melengkapi, maka akan melahirkan kebijakan yang sangat bermanfaat.

“Tidak boleh akademisi pada posisi meneliti terus, dan tidak boleh kami di pemerintah itu dibiarkan dengan kebijakan tanpa metodelogi. Kalau akademisi dan pemegang kebijakan nyambung ini keren, saya berterima kasih kepada para promotor dan penguji yang telah membantu saya termasuk revisi-revisinya, saya terima kasih,” terang dia.

Promotor sidang, Prof. Moh. Khusaini menyebut, Bupati Thoriqul Haq sudah resmi dan berhak menggunakan gelar Doktor dalam namanya. Ia juga memuji Cak Thoriq karena lulus dengan predikat cumlaude.

Baca Juga  Meski Bukan Produsen, Masyarakat Lumajang Wajib Tahu Investasi Menjanjikan Sawit, ini Uraiannya 

“Selamat kepada institusi Pemerintah Kabupaten Lumajang, kepada masyarakat Lumajang memiliki bupati yang energik, yang semangat menempuh studi dan bergelar doktor. Ini motivasi buat seluruh masyarakat Lumajang pada umumnya,” tuturnya. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Puluhan Hektar Lahan Pertanian Terdampak Banjir Lahar, Pemkab Lumajang Buka Cadangan Pangan

Lumajang,- Pasca bencana banjir lahar hujan Gunung Semeru yang melanda disepanjang daerah aliran sungai (DAS), …