BANGUN MASJID: Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, memimpin peletakan batu pertama pembangunan masjid di BSD. (foto: Asmadi).

Pemkab Lumajang Gandeng Baznas Jatim Bangun Masjid di Kawasan BSD

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, bersama Badan Amil Zakat (Baznas) Jawa Timur membangun masjid induk di kawasan Perumahan Bumi Semeru Damai (BSD), Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro.

Saat ini, proyek pembangunan masjid utama bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru itu mulai dilakukan dan diharapkan bisa segera dimanfaatkan.

“Saya optimis, Insha-Allah pembangunan masjid induk ini bisa selesai, karena ini tanggung jawab bersama. Pokoknya, pemerintah akan bertanggung jawab sampai selesai dan tuntas,” kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq atau Cak Thoriq saat peletakan batu pertama pembangunan masjid BSD, Jumat (1/9/2023).

Pemkab Lumajang telah berkoordinasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kabupaten setempat maupun tingkat provinsi tentang pembangunan masjid induk. Hasilnya, Baznas bakal ikut andil dalam pembiayaan.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Baznas Kabupaten Lumajang bahwa Baznas pusat berkeinginan membantu, sehingga putusannya sudah ada kemudian nominalnya juga sudah ada,” ujar dia.

Cak Thoriq mengaku, bahwa anggaran yang dipersiapkan tergolong besar. Sementara penyediaan sarana maupun fasilitas pendukung lain di masjid BSD juga banyak.

Itu sebabnya, pemerintah akan turut berupaya menyelesaikan pembangunan bersama stakeholder terkait. Sehingga masyarakat bisa bertempat tinggal dalam keadaan baik dan sarananya bisa terpenuhi.

“Kita membangun masjid tentu dengan perencanaan yang betul-betul sempurna, artinya kita akan membangun sampai tuntas. Kita berkeinginan agar segera ada masjid di BSD,” ujar Cak Thoriq.

Sementara itu, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Timur berkomitmen untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Masjid Induk di Kawasan Bumi Semeru Damai (BSD).

“Hari ini, sebagaimana apa yang sudah kita sampaikan kepada Baznas Lumajang, kita masih bisa mentransfer dana pembangunan untuk masjid ini senilai Rp1 miliar,” kata Wakil Ketua Baznas Jatim, Ahsanul Haq saat ditemui di lokasi pembangunan masjid BSD.

Baca Juga  Majukan Daerah, Dekranasda Lumajang Dorong Pelaku UMKM Jaga Kontinuitas Produk

Ahsanul mengatakan, bahwa Baznas Jatim juga berencana untuk berpartisipasi kembali dalam mendukung penyelesaian pembangunan masjid induk.

“Insha-Allah, mudah-mudahan dalam proses pembangunan yang dilakukan ini, Baznas menambah partisipasinya kembali dalam menyelesaikan pembangunan masjid ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa disamping mendukung pembangunan, pihaknya juga akan berkomunikasi dengan Baznas RI mengenai realisasi dana pembangunan masjid induk di kawasan BSD.

“Kami juga akan membantu Pak Bupati untuk berkomunikasi dengan Baznas RI, sebagaimana yang dulu sudah dijanjikan dalam penyelesaian pembangunan masjid induk ini,” pungkasnya.

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …