Gelar Diseminasi, Pertuni Sebut 7.641 Warga Probolinggo Sandang Difabel

Probolinggo – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Kabupaten Probolinggo bersama sejumlah difabel lainnya menggelar acara diseminasi bersama sejumlah pihak di ruang Jabung II kompleks Kantor Bupati Probolinggo, Jumat (1/9/2023).

Turut hadir mewakili pemerintah Kabupaten Probolinggo, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), Santiyono bersama sejumlah perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.
Ketua pelaksana kegiatan tersebut, Rizki Perdana Kusuma mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk membangun dan memperluas peluang kerja secara inklusif.

“Termasuk mencari solusi untuk hambatan yang dimiliki oleh teman-teman difabel agar mendapatkan pekerjaan,” katanya, Jumat (1/9/2023).

Sesuai data yang diperolehnya dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo pada penghujung 2022 lalu, di Kabupaten Probolinggo masih terdapat 7.641 penyandang disabilitas. Dan baru 1.356 penyandang disabilitas yang memiliki pekerjaan atau perusahaan sendiri.

“Itu pun pekerjaannya belum jelas. Belum ada yang berstatus sebagai karyawan. Jadi mendapatkan pekerjaan masih banyak karena faktor kasihan,” ujarnya.

Rizki pun berharap, dengan adanya kegiatan diseminasi ini, pemerintah dapat menangkap bakat dan memberikan peluang kerja bagi penyandang disabilitas sesuai dengan kemampuan masing-masing difabel.

“Kami juga berharap ke teman-teman difabel, jangan hanya meminta pekerjaan, kemampuan juga harus ditingkatkan,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bapelitbangda Kabupaten Probolinggo, Santiyono mengatakan, apa yang menjadi aspirasi dan keinginan dari kaum difabel ini akan segera ditindaklanjuti. Sebab menurutnya, kaum difabel juga mempunyai hak untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

“Tentu apa yang diinginkan ini akan kami lanjutkan ke OPD-OPD teknis agar ditindaklanjuti,” terangnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Asyiknya Nostalgia, Musik Ronjengan di Krejengan

Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …