LARUNG SESAJI: Hasil bumi yang diletakkan pada miniatur kapal porsein dikerumuni kapal nelayan untuk diperebutkan. (foto: Hafiz Rozani)

Warga Mayangan Gelar Larung Sesaji, Berharap Berkah dari Laut

Probolinggo,- Warga Kelurahan Mayangan, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Sabtu siang (26/08/23), menggelar petik laut dengan cara melarung hasil bumi ketengah laut. Dengan petik laut ini, warga berharap selalu diberkahi kesehatan dan rejeki melimpah.

Sebelum di larung ke laut, hasil bumi yang diletakkan ke dalam miniatur berbentuk kapal porsein, diarak keliling wilayah Mayangan. Selama diarak, hasil bumi diiringi dengan berbagai kesenian daerah, salah satunya Klabang Songo.

Setibanya di Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI) Mayangan, tepat pukul 10.30 WIB, hasil bumi berupa palawija, alat rumah tangga, dan kepala sapi kemudian dilarung ke tengah perairan Probolinggo. Prosesi Larung melibatkan puluhan kapal porsein yang dihias.

“Jadi tujuan dilaksanakannya petik laut ini merupakan ucapan syukur kepada Allah SWT karena para nelayan selama bekerja di laut diberi keselamatan serta hasil tangkapan ikan yang cukup,” ujar Camat Mayangan, Agus Dwiwantoro.

Setibanya di utara Pulau Gili Ketapang, hasil bumi kemudian dilepas yang kemudian diperebutkan oleh warga yang ikut dengan kapal. Namun ada kepercayaan bahwa warga perebut hasil bumi sebaiknya bukan warga Mayangan, yang merupakan penyumbang hasil bumi.

Meski tidak boleh mengambil hasil bumi, pemilik dan ABK kapal menyiramkan air laut yang berada di sekitar lokasi larung ke kapala mereka. Tujuan, agar juga mendapat keberkahan dari hasil bumi yang telah dilarung.

“Dengan petik laut ini berharap agar rejeki serta keberkahan tetap didapatkan oleh para nelayan. Tentu yang terpenting, silahturahmi antar nelayan tetap dapat terjalin,” ujar Agus, yang pernah menjadi Kabag Kesra Kota Probolinggo.

Salah satu pemilik kapal, Lutfi Sutarno mengatakan, ia selalu mengikuti petik laut meski tiap tahun digelar. Ia berharap dengan mengikuti petik laut, hasil tangkapan ikan kapalnya kian meningkat dan diberi keselamatan selama melaut.

Baca Juga  Harga Mahal, Warga Jahit Masker Sendiri

“Harapan saya semoga setelah petik laut ini, hasil tangkapan ikan di kapal saya terus bertambah. Selain itu, seluruh ABK kapal mendapat keselamatan selama mencari ikan di laut,” harap dia. (*)

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Bibibi, Tradisi Membagikan Makanan Jelang Lebaran yang Tak Lekang Waktu

Probolinggo,- Ada tradisi unik yang dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri yakni, Bibibi. Tradisi membagikan …