Kapolda-Walikota Probolinggo ‘Groundbreaking’ Gedung Meteor dan Mapolsek Kedopok.

Probolinggo – Setelah di-launching pada Kamis (20/03/23), Gedung Sistem Keamanan Terpadu “Meteor” Kota Probolinggo mulai dibangun. Pembangunan gedung ini diawali peletakan batu pertama yang dilakukan pada Kamis (24/08/23).

Peletakan batu pertama, (groundbreaking) pembangunan gedung tersebut, selain dihadiri Forkopimda Kota Probolinggo, juga dihadiri Kapolda Jawa Timur (Jatim), Irjen Pol. Toni Harmanto.

Mengawali acara, Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan, dibangunnya Gedung “Meteor” ini merupakan wujud nyata hadirnya pemerintah di tengah masyarakat melalui sistem berbasis teknologi. Jaminan keamanan dan kenyamanan ini mempengaruhi investasi di Kota Probolinggo.

“Setelah jadi Gedung Meteor ini akan melayani kegawat-daruratan, keamanan, yang diinisiasi oleh Polres Probolinggo Kota, serta adanya Polisi RW. Sehingga dalam pelayanan kegawat-daruratan dan keamanan dapat ditangani dengan cepat,” ujarnya.

Selain itu untuk mendukung Polisi RW yang telah dibentuk, Pemkot Probolinggo akan memfasilitasinya dengan kendaraan sepeda motor. Sehingga dalam proses penanganan keamanan dapat dilakukan dengan cepat.

Nantinya Gedung Meteor ini akan digunakan bersama baik Pemkot Probolinggo, Kodim 0820, serta Polres Probolinggo Kota untuk merespon dan menangani seluruh bentuk kegawat-daruratan serta keamanan di wilayah Kota Probolinggo.

“Dengan target gedung dan pengoperasian gedung pada tahun 2023 ini sehingga kegawat-daruratan dan keamanan dapat ditangani dengan cepat. Ke depan warga menjadi senang, dan nyaman,” kata Habib Hadi.

Dalam acara tersebut Kapolda Jatim secara simbolis menyerahkan kunci kendaraan kepada perwakilan Polisi RW untuk menunjang tugasnya. Selain itu kapolda juga menandatangani prasasti pembangunan Gedung Meteor serta Mapolsek Kedopok.

Kapolda bersama Forkopimda Kota Probolinggo juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung “Meteor” di lokasi, yang diawali dengan menekan tombol dimulainya pembangunan gedung.

Baca Juga  Cabai Merah Tembus Rp28.000 per Kilogram

Kapolda mengatakan, berterima kasih dan mengapresiasi walikota bersama jajaran OPD terkait yang telah mendukung dan peduli kepada masalah keamanan.

“Dengan dukungan yakni sistem yang merupakan tujuan saya menjadikan kota di Jawa Timur Smart City, serta sarana dan prasarana yakni Gedung Meteor, keamanan di Kota Probolinggo, sehingga warga merasa aman, dan outputnya yakni peningkatan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Dengan kepedulian melalui kemitraan antara Polri dan Pemerintah Daerah Kota Probolinggo yang telah dibangun menjadi langkah besar untuk Polres daerah lain di Jawa Timur untuk juga dapat bermitra dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah setempat.

“Saya berharap kolaborasi yang terjalin antara Polres Probolinggo Kota, dan Pemkot Probolinggo ini dapat menurunkan angka kriminalitas, bahkan dapat menurunkan angka ini sampai zero. Selain itu saya berharap kolaborasi ini terjalin di daerah lain di Jawa Timur,” ujarnya.

Selain acara ground breaking pembangunan Gedung “Meteor” serta Polsek Kedopok, juga dilakukan penyerahan hibah pembangunan fisik di dua Pondok Pesantren yakni, Ponpes An-Nur di Kelurahan Sumbertaman, dan Ponpes Zainul Islah, Kelurahan Kanigaran. (ADV)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Wali Kota Tandatangani Pemanfaatan BMD, Plaza Probolinggo Segera Difungsikan Kembali

Probolinggo,- Pemerintah Kota Probolinggo dan PT. Amco Jaya Tri Tunggal Pratama menandatangani kesepakatan pemanfaatan Barang …