TERCEMAR: Sungai Banter Lumajang tercemar limbah sehingga airnya berubah warna dan aromanya tidak sedap. (foto: Asmadi)

Sungai Tercemar Limbah Pabrik, PG Jatiroto Sebut Ada Kebocoran Instansi IPAL

Lumajang,- Beberapa hari terakhir, air Sungai Banter yang berada di Desa Rowokangkung dan Sidorejo, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang, mengeluarkan bau tidak sedap dan berwarna hijau kehitaman.

Kondisi ini dikeluhkan oleh warga yang bermukim di sekitar bantaran sungai. Warga menyebut, sumber limbah berasal dari Pabrik Gula (PG) Jatiroto.

Humas PG Jatiroto, Selamet Riyadi membenarkan limbah yang mencemari Sungai Banter berasal dari pabrik tempatnya bekerja. Ia menyebut, limbah meluber ke sungai karena tumpah.

“Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)-nya kan kita sudah ada, hanya saja, barangkali ada bagian yang bocor,” kata Slamet, Selasa (22/8/2023).

Ia menampik dugaan warga bahwa limbah memang sengaja dibuang ke sungai oleh pabrik. Dia menduga, ada instalasi saluran limbah bocor sehingga limbah tumpah ke sungai.

Pihak pabrik, klaim Slamet, telah melakukan segala upaya untuk memperbaiki kebocoran saluran limbah. Upaya itu hari ini telah membuahkan hasil.

“Dari upaya yang dilakukan, hasilnnya (air sungai) sudah tidak mengeluarkan bau lagi sekarang,” tandasnya.

Bahkan, lanjutnya, PH atau tingkat keasaman air sungai saat sudah kembali normal. Pabrik juga bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lumajang untuk melihat sampel airnya.

“Sampel air sudah kita ambil, DLH juga sudah punya sampel untuk pengujian laboraturium, PH-nya sudah delapan, jadi normal kembali,” tutur Slamet.

Terkait keluhan warga soal masih adanya bau yang dikeluarkan pada waktu tertentu seperti pagi dan sore hari, menurut Slamet, hal itu terjadi karena adanya endapan kali yang naik ke permukaan.

“Barangkali seperti itu, tapi sekarang setelah dievaluasi dan perbaikan dari kita kan sudah ada hasilnya,” sebut Slamet.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris DLH Kabupaten Lumajang, Agus Rohman Rozaq menjelaskan inti permasalahan limbah tersebut berada di penampungan abu ketel PG.

Baca Juga  Pajak Pasir Lumajang Capai Rp18 M, Namun Masih Dibawah Target

“Jadi, asap cerobong yang keluar agar tidak hitam dan memberikan polusi disprei air, dan di masukan kedalam IPAL. Hal itu lah menyebabkan abu mengendap di kolam, sehingga terjadi overload,” jelasnya.

Pihaknya telah menawarkan solusi ke PG Jatiroto, berupa pembuatan kolam tambahan. Tujuannya, agar bau yang dikeluarkan dari limbah pabrik tidak mengeluarkan bau tidak sedap lagi.

“Pemeriksaan juga sudah kita lakukan bersama perangkat desa, kondisinya sudah lumayan baik. Sampel air juga kita ambil dan masih menunggu hasil pemeriksaan dari laboraturium, keluar satu minggu lagi,” beber Agus. (*)

 

Editor Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Bakal jadi Kantor Baru KPU, Eks-TPS Kraksaan Wetan Segera Dibongkar

Probolinggo,- Tumpukan sampah di lokasi eks-Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, …