Rawan Gempa Megathrust, BMKG Petakan Wilayah Pesisir Laut Lumajang

LUMAJANG,- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pasuruan melakukan pemetaan kawasan pesisir pantai selatan di Kabupaten Lumajang. Pemetaan ini untuk menindaklanjuti ancaman gempa bumi megathrust di kawasan tersebut.

Diketahui, pemetaan itu dilakukan di sepanjang pesisir pantai selatan, mulai dari wilayah Kecamatan Tempeh, Pasirian, Tempeh, hingga Yosowilangun, Kamis (4/11).

Pemetaan itu dilakukan untuk mengetahui jalur evakuasi, titik kumpul, hingga titik pengungsian jika sewaktu-sewaktu pantai-pantai di Kabupaten Lumajang diterjang gelombang tinggi tsunami.

Hasil dari mitigasi ini, disimpulkan bahwa bLumajang adalah wilayah yang rawan terjadi gempa bumi. Kemungkinan terburuk yakni ancaman gempa bumi bermagnitudo 8,7 hingga mengakibatkan tsunami dengan tinggi gelombang mencapai 22 meter.

“Salah satu faktor penyebabnya karena Lumajang memiliki bentangan pantainya cukup panjang, yakni 70 kilometer di pesisir pantai selatan,” kata Akhmad Fauzi, Pengamat Meteorologi dan Geofisika Pasuruan ketika ditemui di Pantai Watu Pecak, Desa Selok Awar-Awar, Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang.

Meski Lumajang berada dalam ancaman potensi gempa bumi dan tsunami megathrust ini, masyarakat yang tinggal di tepai pantai dihimbau untuk tetap tenang dan waspada.

Sementara dengan resiko besar, beberapa bulan yang lalu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang mulai memasang papan-papan peringatan kawasan rawan bencana gempa bumi dan tsunami. Termasuk juga, rambu-rambu jalur evakusi dan titik pengungsian.

Selain itu, Petugas BPBD juga telah membentuk desa tangguh bencana atau destana berbasis masyarakat.

Kelompok ini diharapkan mampu menjadi ujung tombak dalam penanganan bencana alam. Sehingga ketika bencana terjadi korban jiwa dan materi dapat diminimalisir.

“Gempa megathrust itu memang masih menjadi ancaman ya. Sementara kami sudah melatih masyarakat dengan simulasi darurat 20-20-20. Pengertiannya jika terjadi gempa lebih dari 20 detik segera lari cari mencari ketinggian 20 meter yang mana harus cepat karena hanya memiliki waktu 20 menit,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Hiu Tutul Kembali Muncul di Probolinggo

Editor: Efendi Muhammad
Publisher; Albafillah

Baca Juga

Bakal jadi Kantor Baru KPU, Eks-TPS Kraksaan Wetan Segera Dibongkar

Probolinggo,- Tumpukan sampah di lokasi eks-Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, …