Nisan Raksasa Milik Bintaos Resahkan Warga

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sepasang batu nisan raksasa yang berdiri di area persawahan di Desa Ganting Wetan, Kecamat Maron, Kabupaten Probolinggo, menuai protes. Warga sekitar keberatan dengan keberadaan nisan tersebut karena ukurannya yang tak biasa.

Pantauan PANTURA7.com, dua nisan tersebut berdiri kokoh dengan ketinggian 10 meter. Warnanya mencolok dengan kombinasi warna biru pada bagian atas dengan garis hitam disetiap sudut serta warna putih dibagian bawah. Nisan itu dibangun sejak dua bulan lalu, sebagai makam persiapan untuk Nur Slamet alias Bintaos (42) warga setempat.

Salah satu warga sekitar, Melati (nama samaran), mengatakan bahwa ia dan warga yang lain resah dengan keberadaan batu nisan itu. Sebab, kata Melati, selain karena ukurannya tak biasa juga bisa menyebabkan orang lain sesat dengan melakukan langkah serupa.

“Kalau alasan pembuatan batu nisan ini, kami gak tahu pasti. Hanya kami mendengar bahwa batu nisan itu dibuat untuk persiapan Bintaos jika ia meninggal,” jelas wanita dengan 3 anak ini.

Nisan itu, lanjut Melati, berdiri sekitar 200 meter disisi selatan rumah Bintaos. Meski dibangun dilahan sendiri, namun menurut Melati, tak seharusnya nisan itu dibangun. “Kami harap pemerintah segera bertindak untuk menyelesaikan ini, biar kami tidak resah,” tambah dia.

Bintaos merupakan mantan narapidana atas kasus penipuan dan penggandaan uang. Selain itu, pria kelahiran 1976 itu sempat terlibat aksi kontroversial dengan mendirikan patung Dewi Srikandi raksasa setinggi 13 meter pada 2013 silam. Patung itu lalu dirobohkan warga secara massal.

Terpisah, Kapolsek Maron AKP Sugeng Supriyantoro mengaku belum mendapatkan laporan dari warga ataupun Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat terkait keberadaan patung tersebut. “Belum ada laporan, jadi kami belum bisa berbuat apa-apa,” jelasnya. (*)

Baca Juga  Dandim 0820 Sebut, Granat di Sumberasih Peninggalan Perang Dunia II

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Olah TKP Laka, Polisi Sebut Moge yang Dikendarai Korban Bodong

Probolinggo,- Kecelakan maut yang melibatkan tiga kendaraan dan mengakibatkan pasutri pengendara moge tewas, di jalur …