Karomatul Husnah saat menjajal lintasan praktik SIM.

Sosialisasi Lintasan Ujian Praktik, Pelajar Dringu Dapat SIM Gratis

Probolinggo – Kakorlantas Mabes Polri menginstruksikan perubahan lintasan praktik uji SIM. Untuk mensosialisasikan perubahan lintasan tersebut, Polres Probolinggo pada Senin (7/08/23) melakukan sosialisasi kepada pelajar, hingga kaum pemotor disabilitas.

Perubahan lintasan praktek uji sim yang di sosialisasikan di Kantor Satlantas Polres Probolinggo ini menyesuaikan dengan kondisi jalan yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Di mana pada perubahan lintasan yang baru terdapat jalan lurus, kemudian lintasan berbelok huruf S. Terakhir jalan lurus kemudian berhenti di pemilihan jalan bercabang.

“Jadi perubahan lintasan uji praktik ini menyesuaikan kondisi jalan di Probolinggo, salah satunya huruf S yang mirip jalan di pegunungan Bromo. Selain itu juga ada perubahan jarak yang memudahkan para pengguna motor disabilitas,” ujar Kasat Lantas Polres Probolinggo, AKP Sapari.

Dalam perubahan lintasan ini Satlantas melibatkan pelajar, santri dan kaum disabilitas. Secara bergantian, mereka mencoba uji praktik SIM ini. Di antara mereka juga sudah banyak yang lulus melewati lintasan baru.

“Salah satu pelajar tadi ada yang lulus saat uji coba lintasan yang baru kemudian langsung kami beri reward SIM gratis. Namun yang bersangkutan tetap harus melewati tes selanjutnya, yakni psiko tes, tes teori, hingga tes kesehatan,” katanya.

Sementara salah satu pelajar peserta sosialisasi asal SMAN 1 Dringu yang lulus, Karomatul Husna Budiani (17) mengaku, bersyukur telah lulus dalam sosialisasi dan mendapat SIM gratis. Kelulusan ini karena memang tiap hari baik berangkat maupun pulang selalu naik motor.

“Sebelumnya memang belum pernah buat SIM hingga ujian praktik. Alhamdulillah saya dapat SIM gratis saat sosialisasi di Kantor Satlantas Polres Probolinggo,” ujarnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Kurang Setuju Karaoke Ditutup, Ini Alasan Kadin Kota Probolinggo

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …