GO INTERNASIONAL: Lakpesdam NU Kabupaten Lumajang foto bersama usai menggelar seminar internasional geopolitik. (foto: Asmadi)

Tingkatkan Literasi Global, Lakpesdam NU Lumajang Gelar Seminar Internasional Geopolitik

Lumajang,- Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (LAKPESDAM) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Lumajang, menggelar seminar internasional geopolitik, Minggu (30/07/23).

Dalam kegiatan yang digelar di kantor PCNU Lumajang ini, tema yang diangkat adalah ‘Arah Geopolitik Dunia Dampak Konflik Rusia Ukraina’. Lakpesdam menggandeng Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama Federasi Rusia dan Eropa Utara (PCINU FREU).

Tiga narasumber dihadirkan, terhubung secara daring pengurus PCINU FREU, Syauqi Ainal Haq, dan pengamat politik Timur Tengah, Firmanda Taufiq. Satu narasumber hadir secara offline sebagai pemantik, yakni Ketua Yayasan Syarifuddin Lumajang, Abdul Wadud Nafis.

“Alhamdulilah seminar berjalan lancar. Hadir secara online 70 orang, yang hadir offline banyak lebih dari 60 orang,” kata Ketua Lakpesdam PCNU Kabupaten Lumajang, Ahmad Hafidz Lubis.

Ia menambahkan, banyaknya peserta yang hadir bisa memberi kesimpulan bahwa forum kajian internasional, memiliki daya pikat tinggi khususnya bagi para remaja nahdliyin.

“Banyak anak mudanya, ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus melakukan rutinitas serupa sekaligus implementasinya nanti” tambahnya.

Menurut Hafidz, seminar internasional itu digelar untuk memberi wawasan pada setiap warga negara khususnya nahdlyin, agar senantiasa memupuk rasa cinta pada negara. Selain itu, juga untuk meningkatkan literasi global terkait gejolak politik dunia.

“Kedepanya dengan kajian ini diharapkan warga NU terus terlibat sebagai mediator bagi negara-negara konflik dan perdamaian dunia sesuai amanat UUD 1945,” pungkas dia. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Alami Hipotermia, Pendaki asal Probolinggo Kolaps saat Mendaki Gunung Lemongan

Baca Juga

Mimpi itu Kini Nyata! Penjual Sandal Keliling di Pasuruan Akhirnya Berangkat Haji

Pasuruan,- Bagi Yahya (48), warga Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, tahun 2024 ini menjadi …