Pengiriman LPG dari agen ke tingkat pangkalan.

Antisipasi LPG Langka di Kota Probolinggo, Agen Dapat Tambahan 1.680 Tabung

Probolinggo – Kelangkaan LPG 3 kilogram (kg) mulai terjadi di Kota Probolinggo. Bahkan terjadi aksi borong (punic buying) hingga lonjakan harga di tingkat toko. Untuk mencukupi kebutuhan warga, sejumlah agen mengajukan penambahan pasokan LPG 3 kg.

Hal tersebut disampaikan oleh pemilik agen LPG PT. Indonesia Muda Sejati, Muis. Dikatakan di wilayah Kota Probolinggo sebenarnya tidak terjadi kelangkaan LPG ukuran 3 kg. Namun karena adanya isu bahwa LPG ini langka, maka warga berbondong-bondong membeli LPG 3 kg.

“Akibat isu tersebut, terjadilah panic buying, bahkan terjadi pembelian di luar wilayah, yakni warga Kecamatan Kademangan membeli LPG ke daerah Kanigaran,” ujarnya.

Imbas lain akibat isu tersebut, yakni kenaikan harga jual LPG 3 kg di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang saat ini Rp16 ribu, menjadi Rp18 ribu hingga Rp25 ribu. Dan kenaikan harga tersebut terjadi di tingkat toko, salah satunya di Jalan HOS Tjokroaminoto.

Muis selaku pengawas setelah mendapat info, langsung mengecek ke lokasi, namun belum membuahkan hasil.

Dari permasalahan tersebut, serta kesepakatan dengan Pemerintah Kota Probolinggo terkait stok LPG 3 kg, maka ia telah mengajukan surat untuk penambahan pasokan LPG ke Malang. Sehingga pada Minggu (30/07/23) diberikan tambahan (fakultatif).

“Untuk hari biasa kami mendapat jatah empat truk, yang dibagi dua untuk kota, dan dua untuk kabupaten. Satu truk berisi 560 tabung, dan untuk fakultatif, kami diberi tambahan tiga truk, yang alokasinya dua truk untuk kabupaten, dan satu truk untuk Kota Probolinggo,” ujarnya.

Dari jumlah tersebut, 100 tabung akan didistribusikan ke pangkalan, ke pengecer, hingga warung.

“Saya selaku satgas akan terus melakukan monitoring agar kondusif terkait LPG baik di Kota maupun di Kabupaten Probolinggo tetap aman. Juga agar tidak terjadi penyalahgunaan yang menguntungkan pribadi,” kata Muis. (*)

Baca Juga  Ada Durian Lato-lato di Lumajang, Rasanya Manis dan Creamy

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Susul Bawang Merah, Harga Cabai Rawit dan Cabai Besar Juga Naik

Probolinggo,- Selain bawang merah yang harganya naik, dua komoditas dapur cabai rawit dan cabai besar …