KREATIF: Dwiki Maulana sedang merawat ayam serama yang ia budidayakan. (foto: Hafiz Rozani).

Berkat Budidaya Ayam Serama, Pemuda Kanigaran Panen Cuan 

Probolinggo,- Dwiki Maulana (25) warga Jalan Mastrip, Gang 1, Kelurahan/ Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo ini berhasil menghasilkan cuan dengan membudidayakan ayam serama. Berkat ketekunannya membudidayakan ayam serama, dalam sebulan ia meraup Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

Ditemui di rumahnya, Sabtu (13/1/2024), Dwiki menceritakan, awal mula ia membudidayakan ayam ini. Dimulai saat ia sedang menyaksikan tayangan ayam serama melalui YouTube.

Dari situlah pada pertengahan 2021, Dwiki memutuskan untuk membudidayakan ayam hias ini. Awalnya Dwiki hanya membeli sepasang ayam serama yang berusia tiga bulan dari seorang temannya.

Kala itu, harga 3 ekor ayam Serama ia beli Rp 500 ribu. Kemudian ayam tersebut ditempatkan di kandang di samping rumahnya.

“Setelah menginjak usia lima sampai enam bulan, ayam tersebut saya kawinkan yang cara yang saya dapat dari teman dan komunitas, hingga akhirnya perkawinan tersebut sukses,” ujar Dwiki, Sabtu (13/1/24).

Dari situlah Dwiki terus termotivasi hingga total memiliki 50 ayam serama. Karena jumlahnya banyak, ia mencoba menjual ayam-ayas serama yang ia budidayakan melalui facebook (FB).

Ayam serama usia dua bulan ia jual Rp 100 ribu hingga 250 ribu, sedangkan untuk usia tiga bulan ke atas dijual Rp 300 ribu hingga 400 ribu. Harga tersebut juga dilihat dari kualitas warna maupun postur ayam serama.

“Ayam serama ini kan ayam hias yang ciri khasnya adalah dada yang membusung. Selain itu juga warna, sehingga jika kontes, dua kriteria itu yang masuk penilaian juri. Selain itu, sang ayam tidak boleh keluar dari meja kontes,” ujarnya.

Pemuda yang bekerja sebagai sekuriti di salah satu hotel dan resto di Kota Probolinggo ini mengaku, tak membutuhkan perawatan ekstra untuk membudidayakan ayam serama.

Baca Juga  Anggaran Kena Refocusing, Balai Benih Ikan Tak Terawat

Menurutnya, yang penting ayam cukup makan dan minum rutin serta kebersihan kandang juga harus dijaga.

Untuk sekali bertelur, ayam serama betina mengeluarkan delapan hingga 15 telur, dan akan menetas 21 hari kemudian usai dierami induknya.

Dari telur tersebut ada dua jenis ayam yakni, ayam serama selam atau blujur. Perbedaannya ayam serama blujur kurang membusungkan dada.

“Alhamdulillah hasil penjualan ayam serama ini bisa buat tambah-tambah penghasilan, di mana paling banyak pernah sebulan mendapat Rp 900 ribu hasil dari menjual ayam serama ini,” papar Dwiki. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Harga Beras dan Gabah Jomplang Banget! Petani Lumajang Salahkan Beras Impor

Lumajang,- Harga beras premium di Kabupaten Lumajang kini mencapai Rp15.000 ribu per kilogram (kg). Ironisnya, …