MERIAH: Plt. Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko, memimpin jalan sehat dalam rangka Harkopnas 2023. (foto: Ali Ya'lu)

Harkopnas 2023, Ribuan Warga Meriahkan Jalan Sehat di Alun-alun Kraksaan

Kraksaan,- Jalan sehat dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-76, digelar oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo, Minggu (30/7/23) pagi. Ribuan warga antusias mengikuti acara yang dipusatkan di alun-alun Kota Kraksaan ini.

Sejumlah hadiah yang disiapkan bagi peserta jalan sehat, turut memacu semangat warga untuk mengikuti kegiatan tersebut. Terdapat dua sepeda listrik, dua sepeda gunung, kulkas dan sejumlah hadiah lainnya diberikan kepada peserta jalan sehat yang beruntung.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Plt Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko, Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana, Kepala Kejaksaan David P. Duarsa, Sekretaris Daerah (Sekda) Ugas Irwanto, Kepala DKUPP Dwijoko Nurjayadi, dan sejumlah pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Selain itu, Ketua Dewan Koperasi Wilayah Provinsi Jawa Timur Slamet Sutanto juga turut memeriahkan kegiatan tersebut. Bahkan, dalam sambutannya ia menyebut, perayaan Harkopnas tersebut sangat meriah.

“Tepat 12 Juli 1947 koperasi berdiri di Tasikmalaya (Jawa Barat, red), dan wajib diperingati oleh seluruh aktivis koperasi. Pada kali ini, sangat meriah,” kata Slamet.

Tingginya antusias warga dalam mengikuti perayaan Harkopnas ini membuatnya terkagum. Bahkan, ia berjanji perayaan Harkopnas 2024 oleh Dewan Koperasi Wilayah Jawa Timur, akan ditempatkan di Probolinggo.

START: Plt. Bupati Probolinggo, Timbul PRIHANJOKO, melepas peserta jalan sehat Harkopnas 2023 di Alun-alun Kraksaan. (foto: Ali Ya’lu).

“Tahun depan, Harkopnas akan ditempatkan di Kabupaten Probolinggo,” janjinya.

Terlepas dari itu, ia menyebut, koperasi merupakan pilar ekonomi Indonesia selain swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Badan Usaha Mikik Daerah (BUMD). Oleh sebabnya, sudah selayaknya para pegiat koperasi mampu mengangkat ekonomi rakyat, utamanya rakyat kecil.

“Saya lihat, sejumlah produk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang dipasarkan, sudah sangat layak bersaing dengan produk dari daerah lain, bahkan go internasional. Ini yang perlu dipertahankan, dan ditingkatkan,” ujarnya.

Baca Juga  Asyik! Ada Mudik Gratis di Kab. Probolinggo, Catat Syarat dan Waktunya

Plt. Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko menyebut, kegiatan ini merupakan salah satu ikhtiyar pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan perekonomian warga sehingga, angka inflasi dapat terus ditekan.

“Koperasi harus bisa bersumbangsih bagi penanganan inflasi daerah. Jadi kegiatan ini merupakan salah satu ikhtiyar dari pemerintah,” papar Timbul.

Ia mengaku senang atas penilaian dari dewan koperasi wilayah Jawa Timur terhadap produk UKMM yang dipasarkan pada Harkopnas ini. Lebih dari itu, ia berterima kasih kepada Slamet yang sudah menetapkan Probolinggo sebagai tuan rumah perayaan Harkopnas Jawa Timur, 2024 mendatang.

“Suatu kebanggaan bagi kami dan juga disaksikan langsung oleh masyarakat, bahwa Kabupaten Probolinggo dipilih menjadi tempat perayaan Harkopnas tahun depan, terima kasih Pak Slamet,” pungkas Timbul. (***)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …