Pupuk urea.

Realisasi Pupuk Urea Tinggi, Serapan Bulan Ini Diprediksi Turun

Probolinggo – Ketersediaan pupuk bersubsidi di Kabupaten Probolinggo terus berkurang. Dari dua pupuk bersubsidi, pupuk Urea cenderung memiliki permintaan yang lebih tinggi. Sampai dengan Mei lalu, sisa alokasi pupuk Urea mencapai 55,25 persen.

Kepala Bidang Sarana, Penyuluhan, dan Pengendalian Pertanian pada Dinas Pertanian (Disperta) setempat Bambang Suprayitno mengatakan, sampai Mei lalu sejumlah petani masih melakukan proses ranam.

Sehingga, banyak petani yang memerlukan pupuk untuk tanamannya, terutama jenis Urea. Dengan begitu, serapan untuk pupuk subsidi jenis Urea ini terbilang cukup banyak akibat tingginya permintaan.

“Alokasi pupuk yang ada memang sedikit, di sisi lain kebutuhan pupuk petani cukup tinggi. Tapi dari kami, selama masih ada stok, harus tetap disalurkan kepada petani,” katanya, Selasa (27/6/2023).

Ia menerangkan, berdasarkan rekap data terakhir terkait realisasi pupuk bersubsidi pada akhir Mei lalu, jenis pupuk Urea memiliki permintaan yang lebih tinggi. Dari alokasi 30.604,917 ton, realisasinya sudahencapai 13.686,78 ton atau sekitar 44,72 persen.

“Sementara untuk pupuk jenis NPK, dari alokasi 23.393,761 ton, realisasinya baru mencapai 7.516,56 ton atau 32,13 persen,” ujarnya.

Bambang melanjutkan, hingga Mei lalu hampir semua daerah di Kabupaten Probolinggo masih memasuki masa tanam, terutama tanam padi. Hanya beberapa daerah yang berada di dataran tinggi yang sedikit petaninya untuk menanam padi. Ia pun menyebut, kondisi itulah yang membuat serapan pupuk menjadi tinggi.

“Namun bulan ini, serapan pupuk diprediksi mengalami pengurangan, karena masa tanam sudah banyak yang selesai. Sampai awal Juni jumlah pupuk yang tersedia jenis Urea sebanyak 16.918,14 ton atau 55,28 persen dari alokasi. Sementara jenis NPK sebanyak 15.887,20 ton atau 67,87 ton,” katanya. (*)

Baca Juga  Ditipu Istri Oknum TNI via Arisan Online, 3 Perempuan Lapor Polisi

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …