Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto.

Sekda Ugas Bantah Utus KAHMI Polisikan Kader PMII Probolinggo  

Kraksaan,- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto membantah memerintahkan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Probolinggo untuk melaporkan Abdul Razak selaku Ketua II Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Probolinggo, Abdul Razak ke aparat kepolisian.

“Saya tidak pernah memerintahkan ataupun menyuruh (melaporkan Abdul Razak, red),” kata Ugas, Kamis (15/6/2023).

Ia mengungkapkan, ia baru mengetahui bahwa dalam laporannya, KAHMI menyatut namanya sebagai orang yang menyuruh membuat laporan. Sebab, sebelumnya, ia mengatahui pelaporan itu hanya atas nama KAHMI, tidak ada perintah darinya.

“Saya klarifikasi, saya tahunya (laporan, red) itu dari KAHMI dan saya baru tahu jika isi dalam surat (laporan, red) itu ada kata-kata utus dari saya. Saya tidak pernah mengutus akan hal itu,” paparnya.

Sementara itu, Abdul Razak mengaku tidak mempersoalkan adanya laporan tersebut. Namun, yang ia sayangkan, dalam laporan itu dijelaskan bahwa yang mengutus pihak KAHMI untuk membuat laporan adalah Sekda Ugas Irwanto.

“Silakan saja. Itu kan bagian dari hak warga negara. Namun yang kami sayangkan, laporan itu diutus dari Sekda. Kalau memang begitu, ini kan merupakan salah satu bentuk pembungkaman,” ujarnya.

Sebagai informasi, Rabu (14/6/2023) siang, Abdul Hamid selaku kuasa hukum dari Rio Ardin Armanda sebagai pelapor mengaku bahwa pelaporan yang dilakukan oleh kliennya merupakan perintah dari Sekda Ugas.

“Kalau tidak ada (perintah, red) dari Pak Ugas tidak bisa laporan itu,” kata Hamid.

Berikut, sebagian isi Surat Pelaporan Abdul Razak ke Polres Probolinggo yang dilakukan oleh KAHMI.

SURAT TANDA TERIMA LAPORAN/PENGADUAN MASYARAKAT Nomor STTPLM 101 SATRESKRIM/VI/2023/SPKT/POLRES PROBOLINGGO

Berdasarkan Laporan Pengaduan Nomor

LPM/101 SATRESKRIM/VI/2023/SPKT/POLRES

Telah melaporkan peristiwa TENTANG (uraian singkat)

Baca Juga  Asyik Pesta Sabu, Digerebek Polisi

Dugaan tindak pidana Pencemaran Nama Baik; Bahwa awalnya pada hari hari Senin tanggal 12 Juni 2023 sekira jam 13.00 WIB di Desa Pondok Kelor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Dengan cara awalnya pelapor mengetahui Postingan di IG milik akun pcpmiiprobolinggo yang berisi pencemaran nama baik sdr. UGAS IRWANTO (SEKDA Kab. Probolinggo), sehingga pelapor mendisuksikan perihal postingan tersebut kepada organisasi KAHMI, dan menurut organisasi perbuatan tersebut kurang etis dengan adanya pemberian tanda hitam di mata seolah-olah gambar tersebut mencerminkan orang terlibat kriminalisme dan juga terkait pengelolahan APBN Kabupaten Probolinggo sahun 2018 s/d 2022 sedangkan sdr. UGAS IRWANTO (SEKDA Kab. Probolinggo) menjabat sejak bulan Februari 2023. Sehingga sdr. UGAS IRWANTO (SEKDA Kab. Probolinggo) mengutus pelapor untuk melaporkan kejadian tersebut kepihak kepolisian. Sehingga dari kejadian tersebut pelapor melaporkan kejadian tersebut kepihak kepolisian.

Probolinggo, 14 Juni 2023. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Rekontruksi Pembunuhan di Grati Pasuruan, Korban dan Pelaku Sempat Rebutan Bondet

Pasuruan,- Polres Pasuruan Kota menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan terhadap Sunariyo (50), warga Dusun Wringinanom, Desa …