Diskominfo Lumajang.

Pasca Dam Gambiran Jebol, Pemkab Lumajang Benahi Irigasi 

Lumajang, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang terus melakukan upaya untuk permasalahan irigasi Desa Blukon, Desa Boreng dan Kelurahan Rogotrunan yang tersendat akibat jebolnya Dam Gambiran.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq usai meninjau lokasi Dam Gambiran.

Menurutnya, salah satu upaya yang dilakukan adalah pembangunan afur tangkil Desa Blukon. Upaya lain yang dilakukan Pemkab Lumajang adalah pemasangan pipa yang memanfaatkan elevasi ke saluran irigasi yang mengarah ke Desa Blukon dan Boreng.

“Ini masih uji coba, air sudah berhasil mengalir menggunakan pipa memanfaatkan elevasi. Ini per hari mengalir 200 meter karena memang banyak yang hilang karena alirannya sudah lama kering,” ujarnya saat meninjau saluran irigasi di Dam Gambiran, Lumajang, Kamis (8/6/2023).

Sementara, pembangunan afur tangkil di Desa Blukon saat ini hampir rampung. Air berhasil dialirkan dari afur tangkil menuju saluran irigasi yang dapat dimanfaatkan petani untuk mengairi sawah kurang lebih 18 hektar.

Thoriq juga menyampaikan, berbagai upaya dilakukan agar sawah petani kembali teraliri sembari memikirkan solusi-solusi terbaik yang lebih efektif.

“Pembangunan afur tangkil di Blukon airnya dibendung supaya mengalir untuk penampungan air untuk sawah yang ada di Blukon,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Gerindra Tegaskan Duet Cak Thoriq-Bunda Indah Masih Solid

Baca Juga

Tambah 54 PJU Baru, Dishub Kota Probolinggo Alokasikan Anggaran Rp860 Juta

Probolinggo,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo akan menambah puluhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah …