Muhammad Imam Ahsan duduk di pinggir batu akik yang ia jual.

Ketika Batu Akik Tak Banyak Dilirik 

Probolinggo – Batu akik sempat menjadi idola di kalangan warga, bahkan harga batu akik yang dijual hingga mencapai jutaan rupiah. Namun setelah masa kejayaan batu akik, kini banyak pedagang batu akik yang merasakan turunnya omzet penjualannya.

Salah satu sentral penjualan batu akik berada di sepanjang Jalan Panglima Sudirman, antara Pasar Baru hingga Pasar Gotong Royong kini terlihat sepi pembeli. Padahal sejak digemarinya batu akik, sepanjang jalan ini tak pernah sepi pembeli.

Salah satu penjual batu akik yang masih bertahan asal Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok, Muhammad Imam Ahsan (64). Ia mengaku, penjualan batu akik saat ini sepi, tidak seperti beberapa tahun lalu. Jika dulu dalam sehari ia mampu menghasilkan Rp2 juta, hingga Rp3 juta, berjualan batu akik, kini, sehari ia bisa dapat Rp200 ribu hingga Rp500 ribu saja.

“Kalau tiap hari jarang ada yang membeli batu akik, adanya yang membeli emban untuk batu akik, yang dijual dengan harga Rp35 ribu, namun demikian saya tetap bersyukur masih ada pemasukan,” ujarnya, Rabu (7/2023).

Meskipun sepi pembeli, namun Ahsan yang telah berjualan batu akik sejak tahun 1990 ini tetap berjualan akik. Ia memajang jualannya di trotoar jalan mulai dari jenis bacan, pirus, hingga rubi.

Akik yang ia jual bukan ia buat sendiri atau produksi sendiri, melainkan kulak kemudian dijual kembali.

Bapak empat anak ini mengaku, hasil penjualan batu akik di masa kejayaannya telah ia belikan aset, mulai dari tanah hingga barang lain. Sehingga meski saat ini batu akik kurang diminati, namun ia tetap bersyukur meskipun penghasilannya tak sebanyak dulu.

“Untuk jam saya berjualan batu akik mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 12.00 siang. Batu akik yang saya jual tidak saya bawa pulang tapi saya titipkan di toko dekat lokasi saya berjualan. Meskipun penghasilan jauh berbeda, saya tetap bertahan dengan berjualan batu akik untuk kebutuhan sehari-hari,” katanya.(*)

Baca Juga  Kabag Perekonomian Sebut Tahun Ini Area Tanam Untungkan Petani

 

 

Editor: Ikhsan Mahnudi

Publisher: Zainul HR.

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …