SHARING: Pengelola Buper Glagah Arum, Indah Amperawati berdiskusi dengan Dirut PDTS KBS, Choirul Anwar. (foto: Asmadi)

Asyik! Bakal ada Taman Satwa di Buper Glagah Arum Lumajang

Lumajang,- Bumi Perkemahan (Buper) Glagah Arum, di Desa Kandangtepus, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang terus berbenah demi kenyamanan para pengunjung.

Dalam waktu dekat, Buper Glagah Arum akan dilengkapi dengan taman satwa, tepatnya penangkaran rusa. Selanjutnya secara bertahap, satwa-satwa lain akan menyusul di objek wisata yang terletak di lereng Gunung Semeru itu..

“Semula saya akan isi kandang rusa di Bumi Perkemahan Glagah Arum. Kemudian, Insya-Allah ini akan berkembang,” kata pengelola Buper Glagah Arum, Indah Amperawati, Selasa (6/6/2023).

Sebagai langkah awal, Buper Glagah Arum menggandeng Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS). Gayung bersambut, PDTS KBS berkunjung ke Buper Glagah Arum untuk menindaklanjuti lanjuti rencana kerjasama.

Dalam kunjungan itu, Direktur Utama PDTS KBS, Choirul Anwar menyarankan kepada Indah Amperawati, agar di Buper Glagah Arum segera dibangun taman konservasi dalam bentuk Mini Zoo (kebun binatang mini).

“Tadi ada saran terkait pembangunan taman konservasi dari Dirut KBS, tentu ini butuh sharing, edukasi yang tidak mudah, tetapi perlu semangat untuk membangun itu di Lumajang,” terang wanita berhijab yang juga Wakil Bupati Lumajang ini.

Direktur Utama PDTS KBS, Choirul Anwar mengatakan, ia menilai bahwa Kabupaten Lumajang merupakan wilayah yang sangat potensial untuk pengembangan taman konservasi.

“Potensi Lumajang ini sangat baik karena hampir kurang lebih 60 persen masih dalam bentuk hutan lindung sehingga kebutuhan untuk membangun taman konservasi sangat potensial,” paparnya.

Ia berharap, di Kabupaten Lumajang nantinya dapat dibangun dan dikembangkan taman konservasi dalam bentuk Mini Zoo atau dengan skala yang lebih besar.

“Ke depan, mudah-mudahan Lumajang dapat mendirikan lembaga konservasi dalam bentuk Mini Zoo atau model taman safari,” harapnya. (***)

Baca Juga  Gunung Semeru Erupsi, Kolom Letusan Capai Seribu Meter

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …