Rehab 3 TPS Senilai Rp 200 Juta Rampung, Sampah Siap Tampung

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Sebanyak 3 Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang diperbaiki oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo pada tahun ini akhirnya selesai direhab.

Rehabilitasi TPS selesai, pada Selasa (17/12). Kini warga pun sudah bisa menggunakan seluruh TPS yang berada di Kelurahan Patokan, Kelurahan Semampir dan di Desa Kebonagung tersebut sebagaimana fungsinya.

Kabid Pengelolaan Sampah, DLH setempat Zaenal Ansori mengatakan, dari 3 TPS yang diperbaiki, TPS Patokan menjadi yang terkhir selesai proses rehabnya. Proses rehab lamban karena di TPS ini produksi sampah tidak sebanyak 2 TPS lainnya.

“Alhamdulillah semua sudah selesai. TPS Patokan ini selesai belakangan karena TPS yang di Semampir diutamakan, karena lebih banyak yang menggunakan,” kata Zaenal, Rabu (18/12).

Dengan tuntasnya 3 TPS tersebut, Zaenal berharap, warga bisa memaksimalkan fungsi TPS tersebut dengan baik. Hal itu agar tercipta lingkungan yang bersih, sehingga kesehatan dari warga bisa lebih terjamin.

“Apalagi sekarang sudah mulai sering hujan, jadi ayo buang sampah ke tempatnya, selain udaranya segar, juga agar tidak menjadi sarangnya nyamuk yang bisa menjauhkan dari penyakit,” ujar Zaenal.

Sementara itu, Khotibul Umam (29) mengaku senang dengan kembali beroperasinya TPS. Sebab selama ini, ia harus menumpuk sampahnya sebelum dibuang ke TPS yang berada di Desa Kebonagung, Kecamatan Kraksaan.

“Ditumpuk terlebih dahulu, kalau sudah tidak muat tempatnya, baru dibuang di TPS dekatnya makam pahlawan. Karena, yang di Semampir itu penuh terus sampahnya,” ujar pria asal Desa Bulu, Kecamatan Kraksaan ini.

Diketahui sebelumnya, DLH Kabupaten Probolingho merehab 3 TPS sejak Selasa (27/09) lalu. Untuk perbaikan TPS, menghabiskan DLH harus merogoh kocek hingga Rp. 200 juta. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Rawan Tumbang, Pepohonan di Alun-alun Kraksaan Dipangkas

Baca Juga

Belanja Kepegawaian Masih Diatas 30 Persen, Pemkab Lumajang Batasi Rekrutmen Tenaga PPPK

Lumajang,- Belanja kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang masih diatas 30 persen. Pemerintah kota …