Overload, Lapas Probolinggo Libatkan Staff Jaga

MAYANGAN-PANTURA7.com, Sudah bukan rahasia lagi jika Lembaga Permasyarakatan (Lapas) seringkali overload atau kelebihan kapasitas. Tak terkecuali Lapas Kelas IIB Probolinggo yang kini overload hingga 200% .

Dikunjungi PANTURA7.com pada Rabu (18/12), tampak Lapas yang berada di Jalan Trunojoyo, Kecamatan Mayangan itu beraktifitas seperti biasanya.

Dengan kelebihan kapasitas tersebut, membuat petugas pihak Lapas berpikir keras mencari solusi. Hal ini disampaikan Kepala Lapas Kelas IIB Probolinggo, Edi Mulyono.

“Memang di lapas kami kelebihan penghuni sampai 200%. Namun dengan keterbatasan jumlah personil tetap antisipasi terus kita lakukan,” katanya.

Hal itu, kata dia, dilakukan dengan melibatkan semua staff lapas untuk piket secara bergantian. Jadwal piket, jelas Mulyono, dibagi tiga shift yakni shitf pagi, siang dan piket malam.

“Kami tetapkan tiga piket jaga, agar keamanan tetap terjaga meski disini jumlah napi yang menghuni diatas kapasitas yang tersedia,” tutur Mulyono.

Diketahui, jumlah napi dan tahanan dilapas Probolinggo berjumlah 648 orang. Padahal seharusnya, hanya dihuni 285 orang sesuai kapasitasnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga  Overload, Rutan Kraksaan Ajukan Tambahan Personel

Baca Juga

May Day 2024, K-Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Perkuat Identitas Serikat Buruh

Probolinggo,- Peringati Hari Buruh Internasional (May Day), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Konfederasi Serikat Buruh Muslimin …