Tim identifikasi Polres Probolinggo Kota melakukan olah TKP di dua rumah yang dibobol pencuri.

Ditinggal Kerja, Dua Rumah di Tisnonegaran Dibobol Maling

Probolinggo – Aksi pembobolan rumah terjadi di Jalan Letjen Sutoyo Gang 6, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, Sabtu siang (3/06/2023). Dua rumah berdampingan yang ditinggal pemiliknya bekerja dibobol maling, sebuah laptop amblas digondol.

Pembobolan dua rumah ini pertama diketahui Ahmad Juri (38), warga setempat. Saat itu sekitar pukul 10.00 WIB ia ditelepon oleh salah satu pemilik rumah, Hanggoro Adi Tiyoso, yang curiga rumahnya dimasuki pencuri.

Tiyo, panggilan akrab Hanggoro Adi Tiyoso, yang sedang bekerja di Surabaya meminta Juri agar mengecek rumahnya. Sebab, CCTV yang tersambung ke handphone (HP) Tiyo menunjukkan ada gelagap pencuri.

“Setibanya di rumah Pak Tiyo, saya melihat pagar dan pintu rumah terbuka. Karena takut masih ada pencuri di dalam rumah, saya kemudian memanggil warga sekitar dan seorang anggota polisi untuk datang,” kata Mamad, panggilan akrab Ahmad Juri.

Kemudian bersama warga sekitar, Mamad mengecek kondisi dalam rumah Tiyo, yang telah diacak-acak pencuri. Tak hanya itu, teralis pintu depan rumah juga dicongkel oleh pelaku. Pelaku juga telah mematikan CCTV yang menyorot ke arah halaman rumah dengan melepas kabel power dengan menggunakan tangga.

“Menurut pemilik rumah yang tadi sempat telpon, di meja terdapat sebuah laptop, namun setelah saya cek ternyata laptop tersebut telah raib. Untuk barang-barang lain yang hilang saya belum tahu, sebab pemilik baru akan pulang dari Surabaya, Sabtu sore,” kata Mamad.

Ternyata, pencuri tidak hanya membobol rumah Tiyo. Rumah yang berdampingan yakni, rumah Lukky Artha (29) juga dibobol. Rumah di sebelah timur rumah Tiyo itu teralis jendelanya juga dicongkel.

“Waktu itu saya masih di tempat kerja, tiba-tiba sekitar pukul 10.00 WIB saya ditelepon oleh tetangga yang mengatakan bahwa rumah saya dibobol maling, saya langsung pulang,” kata Lukky.

Baca Juga  Vandalisme di Maron, Sebut Kepolisian Institusi Busuk

Setelah tiba, Lukky mengecek kondisi dalam rumah, yang diketahui juga diacak-acak seperti sejumlah lemari di ruang tengah dan kamar. Namun setelah diperiksa, tidak ada barang yang digondol pencuri.

“Saya sempat khawatir mobil saya yang terparkir di teras dicuri, tetapi ternyata aman,” katanya.

Setelah mendapat laporan, tim Identifikasi Polres Probolinggo Kota mendatangi lokasi dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di dua rumah yang dibobol pencuri itu. Polisi juga memintai keterangan sejumlah saksi termasuk pemilik rumah, serta meminta rekaman CCTV.

Dikonfirmasi terpisah, Kasat Reskrim Polres Probolinggo Kota, AKP Jamal mengatakan, setelah mendapat laporan, pihaknya mendatangi lokasi dan melakukan olah TKP. “Kasus pencurian ini masih dalam penyelidikan,” katanya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Hindari Pohon Tumbang, Toyota Avanza di Lereng Semeru Oleng

Lumajang,- Gara-gara menghindari pohon tumbang, Toyota Avanza dengan nomor polisi L 1337 WU menabrak pohon …