LUDES: Proses pemadaman api yang meludeskan 3 ruko di Kota Probolinggo. (Foto: Hafiz Rozani)

Tiga Ruko di Kota Probolinggo Ludes Terbakar, Titik Api Sulit Dijangkau

Probolinggo,- Tiga unit ruko di Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, dilalap si jago merah, Rabu malam (31/05/23). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Informasi yang dihimpun, kebakaran terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. Awalnya, api muncul dari lantai 2 ruko yang menjual alat komputer. Angin yang bertiup cukup kencang, membuat api kian berkobar.

Banyaknya bahan yang mudah terbakar, membuat api akhirnya merembet ke 2 ruko yang ada di samping kanan dan kiri ruko penyedia peralatan komputer.

Warga dan pemilik ruko yang mengetahui kejadian ini kemudian menghubungi Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Probolinggo. Selain itu, pemilik berusaha menyelamatkan barang-barang di dalam toko yang masih bisa diselamatkan.

“Saat kebakaran, toko saya yang menjual perabotan ini sedang tutup. Setelah mendapat telfon, saya kemudian datang ke toko, dan melihat tiga ruko termasuk milik saya terbakar,” ujar salah satu pemilik ruko, Nurul Firdaus.

Hal senada disampaikan pemilik ruko yang terbakar lainnya, Sibro Malisi, ia mengatakan, saat kebakaran terjadi, ruko penyedia jasa percetakan miliknya sedang tutup. Ia mengetahui rukonya terbakar setelah ada teman menelfonnya.

“Selain membakar ruko tempat usaha saya, salah satu mesin printing yang ada di dalam rusak. Untuk sementara, kerugian akibat kebakaran ini sekitar Rp450 juta,” ujar Sibro.

Tiga unit damkar milik Pemkot Probolinggo yang datang usai mendapat laporan melakukan pemadaman. Petugas sempat mengalami kesulitan lantaran api yang membakar 3 ruko berada di lantai dua.

Petugas harus menggunakan tangga untuk menjangkau titik api. Selang 1,5 jam kemudian, amukan si jago merah akhirnya berhasil dikendalikan.

Komandan Regu 4, Damkar Kota Probolinggo, Purwanto mengatakan, petugas mendapat informasi sekitar pukul 20.00 WIB. Kemudian ia menerjunkan 3 unit mobil damkar agar api bisa dikendalikan.

Baca Juga  Gudang Reparasi Dilalap Api, Pemadaman Butuh 3 Jam

“Untuk sementara, awal kebakaran ini dari ruko bagian tengah yang menjual komputer, Meski belum diketahui penyebab kebakaran, namun, berhasil dipadamkan sekitar satu jam kemudian, dan saat ini petugas melakukan pendinginan,” ujarnya. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …