MOTIVASI: Wabup Lumajang, Indah Amperawati, saat memberikan arahan pada perwakilan KIM. (foto: Asmadi)

Lewat KIM, Pemkab Lumajang Dorong Masyarakat ‘Melek’ Digital

Lumajang,- Perkembangan teknologi informasi tentu harus dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi daerah. Tujuannya, agar daerah menjadi lebih maju dan berkembang.

Dalam pemanfaatan teknologi informasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang tidak akan dapat bekerja sendirian. Peran serta masyarakat dalam mengumpulkan, mengolah dan mendistribusikan informasi daerah sangat dibutuhkan, salah satunya melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Lumajang Mustaqim menyebut, KIM merupakan wadah dalam mengumpulkan data-data di lapangan yang kemudian dikemas dan didistribusikan kepada publik.

“KIM dan pemerintah berada dalam kedudukan yang sama. Kami merasa saling membutuhkan atas tujuan yang sama untuk meliterasi digital masyarakat dalam komunikasi publik,” kata Mustaqim dalam bimbingan KIM di Istana Kuliner di Kelurahan Jogoturunan, Kecamatan Lumajang, Selasa (23/5/2023).

Dijelaskan Mustaqim, Kementerian Kominfo RInmemilik banyak media digital yang dikhususkan bagi KIM untuk mendiseminasikan informasi kepada khalayak.

KIM difasilitasi website dengan nama domain kim.id. Jika memiliki domain ini, KIM sudah terdaftar resmi menjadi mitra dari Kementerian Kominfo juga Dinas Kominfo Provinsi dan Kabupaten/Kota dan diakui oleh pemerintah.

“Website yang kami fasilitasi bagi KIM ini harus digunakan secara optimal. Untuk itu, kami melatih KIM untuk membuat atau mengunggah konten di website agar dapat dimanfaatkan untuk mendiseminasikan kegiatan mereka,” beber Mustaqim.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mendorong mitra strategis KIM dalam penyebarluasan informasi publik bertranformasi lebih digital.

“Sebetulnya ini menjadi peluang bagi rekan-rekan KIM untuk bertransformasi menjadi KIM Digital. Apalagi di era yang sekarang ini, semua serba digital,” cetus Bunda Indah.

Sekedar informasi, pembinaan dan bimbingan KIM ini dihadiri oleh sekitar 200 perwakilan kelompok, yang tersebar di setiap desa dan kecamatan se-Kabupaten Lumajang. (*)

Baca Juga  Lelang PTKL Disorot, Eks Karyawan Minta Hak Dibayarkan

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan

Baca Juga

Tambah PJU, Dishub Probolinggo Gelontorkan Anggaran Hampir Setengah Miliar

Probolinggo,- Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo secara bertahap terus menyediakan Penerangan Jalan Umum (PJU). Sekitar setengah …