Samsung A24.

Apa Itu Accelerometer di Samsung A24? Simak Penjelasannya!

Selama ini mungkin Anda tidak mengetahui bahwa di dalam ponsel terdapat sebuah sensor yang dinamakan accelerometer yang manfaatnya bisa Anda rasakan hingga saat ini.

Accelerometer adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengukur kecepatan. Istilah lain untuk alat ini adalah vibration sensor. Tentang bagaimana cara kerja alat satu ini, semuanya bisa Anda dapatkan di sini.

Accelerometer Itu Apa?

Accelerometer adalah sebuah alat pengukur kecepatan yang mampu mengukur atau mengidentifikasi, baik itu secara statis atau dinamis. Untuk pengukuran secara statis lebih banyak dengan menitikberatkan pada gravitasi bumi. Sedangkan pengukuran dinamis berfokus pada objek yang bergerak.

Dengan kata lain, getaran dan gravitasi akan mempengaruhi perintah otomatis sebuah benda yang di dalamnya terdapat accelerometer.

Selama ini alat yang di dalamnya terdapat sensor pegukur kecepatan adalah gadget. Bagaimana penjelasan tentang alat ini, cek rangkumannya di bawah ini;

Prinsip Kerja Accelerometer

Accelerometer dalam sebuah ponsel memiliki prinsip percepatan sebuah per dan beban. Dalam kerjanya keduanya dilepaskan hingga beban bergerak dengan percepatannya sampai kondisi tertentu hingga berhenti.
Ketika keduanya dilepaskan akan terjadi bebab berayun manakala terjadi goncangan. Pergerakan inilah yang akan menghasilkan pengukuran pada chip accelerometer.

Fungsi Accelerometer

Acceleromotor dalam kerjanya akan memiliki fungsi yang berbeda tergantung alat yang digunakan. Pada ponsel samsung a24 misalnya, alat ini memiliki fungsi sebagai shake control. Pada saat Anda menggoyangkan ponsel tersebut, maka fitur di dalamnya pun akan berubah. Contoh sederhananya, ketika Anda memutar lagu, maka bisa pindah ke playlist selanjutnya.

Kelebihan dan Kekurangan Acceleromtor

Dalam penggunaannya alat ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihannya adalah harganya yang terjangkau sehingga banyak sektor yang menggunakannya. Tidak hanya itu, untuk hasil pengukurannya juga jarang yang meleset, utamanya jika dalam kedaan statis.

Baca Juga  Pengiriman Paket di Kantor POS Meningkat 50% Jelang Lebaran

Untuk kekurangannya adalah alat ini membutuhkan listrik dalam jumlah banyak sehingga daya pada ponsel akan cepat habis. Terakhir, karena efek gravitasi alat ini mampu membaca dua sumbu atas dan bawah.

Sektor yang Menggunakan Acceleromotor

Dengan fungsi dan kelebihannya, alat ini telah banyak digunakan dalam berbagai sektor diantaranya adalah;

Transportasi, dalam sektor ini utamanya kendaraan bermotor, alat ini banyak digunakan karena mampu mendeteksi penurunan percepatan drastis ketika terjadi kecelakaan. Pesawat tempur juga banyak yang menggunakannya karena memiliki komponen sistem navigasi dan monitor gerakan pada mesin.

Medis, dalam sektor ini acceleromotor banyak digunakan dalam sport watch. Langkah Anda dalam berolahraga akan ditampilkan pada jam olahraga yang menggunakan sensor tersebut.

Elektronik, selain ponsel laptop atau notebook juga menggunakan alat ini. Untuk ponsel seperti Samsung a24 acceleromotor biasanya berfungsi sebagai kompas dan penggunaan GPS.

Mengetahui tentang acceleromotor pada ponsel, kini Anda pastinya telah tahu mengapa tiba-tiba layar pada ponsel bisa berubah, bukan? mulai dari nyala dan mati sendiri, ukuran yang berubah dan lain sebagainya. Hal tersebut memang karena dipengaruhi oleh fungsi alat tersebut.

Dalam Samsung a24 Acceleromotor memang lebih banyak berfungsi pada percepatan gravitasi bumi, yakni sebagai kompas. Dengan berbagai fitur di dalamnya selain kecanggihan alat tersebut samsung a24 kini memang telah jadi primadona.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan ponsel ini, bisa membelinya di Blibli.com, karena di sini telah tersedia berbagai jenis ponsel Samsung mulai dari keluaran lama hingga terbaru. Membeli ponsel di Blibli akan memberikan banyak kemudahan bagi Anda karena pilihannya yang beragam dan riview produknya jelas. Pengirimannya juga cepat dan aman. Jadi, tunggu apalagi, yuk segera order Samsung a24 di Blibli.com. (*)

Baca Juga  Pemilik Konter HP Orasi Serentak, Tuntut Peraturan Pembatasan Kartu Seluler Dicabut

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Jelang Satu Abad, Kader NU Diminta ‘Melek’ Digital

Paiton,- Menjelang usianya yang hampir satu abad, pengurus Nadhlatul Ulama (NU) terus berbenah. Hal itu …