Petugas Damkar sedang melakukan upaya pemadaman beberapa waktu lalu.

Waspada Kebakaran, Rumah Kosong Ditinggal Mudik

Probolinggo – Kasus kebakaran pada hari raya Idul Fitri memang tidak selalu terjadi saban tahunnya di Kabupaten Probolinggo. Namun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat tetap akan menyiagakan personil pemadam kebakaran (Damkar) pada lebaran nanti.

Humas Damkar pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Sholehuddin mengatakan, potensi kebakaran memang bisa terjadi kapan pun. Sehingga, penyiagaan personel tetap perlu dilakukan, termasuk pada momen lebaran nanti.

“Tahun 2022 memang tidak ada kasus kebakaran saat libur lebaran, namun di 2021 itu pernah ada. Pada 2021 itu kebakaran Sekolah Dasar di Kecamatan Gading, tepatnya di selatan Pasar Wangkal lokasinya,” katanya, Rabu (19/4/2023).

Ia mengungkapkan, adanya kebakaran pada saat hari libur lebaran dua tahun lalu tersebut disebabkan oleh korsleting listrik. Sehingga menyebabkan adanya percikan api.
Oleh sebabnya, ia mengimbau kepada masyarakat yang hendak meninggal rumah untuk mudik, agar mematikan saluran listriknya.

Sehingga, korsleting listrik yang bisa menyebabkan kebakaran tidak akan terjadi.

“Saat meninggalkan rumah pastikan jaringan listrik dalam kondisi mati atau aman. Menghindari hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Udin ini juga menyampaikan, pada momen lebaran nanti, terdapat 10 personel yang akan disiagakan. Kesepuluh personel itu akan disiagakan bersama tiga unit mobil pemadam kebakaran.

“Selama 24 jam siaga. Sehingga apabila ada kejadian kebakaran, bisa langsung diatasi,” ucapnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Viral Video Pembongkaran Musholla Gegara Pilkades, Polisi: Hoaks

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …