ZIARAH: Warga ziarah ke makam Mbah Sholeh Semendi di Winongan. (foto: Moh. Rois)

Sehari Jelang Ramadhan, Makam Mbah Sholeh Semendi Dipadati Jamaah

Pasuruan,- Sehari menjelang bulan suci Ramadhan, makam para ulama di Pasuruan dibanjiri peziarah. Seperti di makam Mbah Mbah Sholeh Semendi, Kecamatan Winongan.

Bukan hanya masyarakat lokal Pasuruan yang berziarah, tetapi juga dari luar kota berziarah ke tempat tersebut. Mereka tampak antusias meski cuaca panas menyengat.

Dijelaskan Joko Suprayitno (45), penziarah asal Gresik. Dia mengaku rela datang menyempatkan diri ke makam Mbah Semendi bersama istrinya untuk ngalap barokah Mbah Semendi.

“Sebetulnya saya ziarah ke makam itu jarang, karena ini menjelang bulan Ramadhan dan kebetulan ke Probolinggo jadi saya sempatkan mampir ke sini, dengan tujuan mencari berkah para ulama,” kata Supriyatno.

Sementara itu, Umu Salamaturohmah (43) peziarah asal Kota Pasuruan, mengaku dirinya bersama rombongan setiap tahun menjelang Ramadhan memang rutin ziarah keliling makam se Pasuruan.

“Jadi kegiatan ziarah ini bisa dikatakan rutin setiap menjelang bulan Ramadhan,” jelas Salama ditemui di area makam.

Salama berharap dengan kegiatan ziarah ini dirinya bersama rombongan dapat berkah Ramadhan dan berkah ziarah ke para ulama.

“Jadi kami rombongan guru keliling mulai dari makam Mbah Hamid, kemudian ke Makam Segoropuro dan makam Mbah Semendi ini, terakhir nanti ke Mbah Sabaruddin Keboncandi, tujuannya mencari berkah,” ujarnya. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Tarik Investor Asing, Tjahjo Kenalkan 27 Wisata di Kabupaten Probolinggo

Baca Juga

Jumlah Kunjungan Bromo Meningkat saat Libur Nataru, Pengamanan Diperketat

Probolinggo,- Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) masih akan berlangsung hingga 2 Januari 2024. Momentum …