BANJIR: Rumah warga di kawasan wisata Tretes Pasuruan terendam banjir. (foto: Moh. Rois)

Malam Minggu, Kawasan Wisata Tretes Pasuruan Diterjang Banjir Bandang

Pasuruan,- Banjir bercampur lumpur terjadi kawasan wisata Tretes Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (4/2/2023) sore.

Banjir yang melanda Kelurahan Pesanggrahan hingga Pencalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan disebabkan karena hujan deras yang melanda kawasan itu sejak siang hari.

Tak hanya jalan, sejumlah penginapan atau villa dan rumah warga tergenang banjir bercampur lumpur. Aktivitas warga pun tersendat.

Di sejumlah vila kawasan Kelurahan Pesanggrahan misalnya. Hampir semua kamar yang disiapkan untuk pengunjung terendam air bercampur lumpur setinggi sekitar 20 sentimeter.

“Hujannya lebat, air di jalan masuk ke dalam villa, airnya bercampur lumpur,” kata Kristin, salah seorang penjaga Villa.

Warga Kelurahan Pesanggrahan lainnya, Wanto menyebut, banjir lumpur tebal yang menutupi jalanan hingga rumah warga, tidak diprediksi sebelumnya.

“Lumpurnya tebal, deras ngalirnya seperti lahar dingin,” ungkap dia.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Ridwan Harris mengatakan, selain akibat hujan deras, banjir di kawasan itu juga dipicu tersumbatnya drainase yang tertutupi sampah. Saat ini tim BPBD telah diterjunkan ke lokasi banjir untuk melakukan penanganan.

“Penyebabnya, hujan deras dengan intensitas cukup lama, disamping itu juga drainase kurang maksimal. Tim saat ini sudah diterjunkan ke lokasi,” ungkap Harris. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Migrasi Ubur-Ubur Sesaki Perairan Hutan Mangrove Nguling Pasuruan

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …