Sejumlah siswa TK menaiki perahu.

BPBD Kenalkan Kebencanaan Sejak Dini kepada Siswa TK

Probolinggo – Untuk mengedukasi cara penyelamatan jika terjadi bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo melatih puluhan siswa Taman Kanak-kanak (TK). Diharapkan mereka khususnya TK dapat menyelamatkan diri saat terjadi bencana.

Pengenalan serta edukasi kebencanaan ini diawali dengan pengenalan alat-alat yang dimiliki BPBD mulai, alat pemotong kayu hingga tali penyelamat.

Selain pengenalan alat, 70 siswa TK juga diberi penjelasan terkait citra satelit mulai dari cuaca hingga pendeteksi gempa.

“Hari ini kami kedatangan 70 siswa TK. Mereka memiliki inisiatif belajar tentang kebencanaan sehingga dengan kunjungan ini mereka dapat mengetahui sejak dini tentang kebencanaan,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Probolinggo, Sugito Prasetyo.

Mereka juga menjalani praktik mulai dari penyelamatan jika terjadi gempa, penyelamatan korban tenggelam, hingga penyelamatan korban dengan menggunakan perahu.

“Dengan kegiatan ini, saya berharap jika terjadi bencana, baik banjir, hingga gempa bumi, anak-anak ini mampu menyelamatkan diri sendiri. Sehingga jika terjadi bencana dapat meminimalisir risiko akibat bencana,” imbuh Sugito.

Sementara salah satu siswa TK Negeri Pembina, Alma Hira Syakira mengatakan, ia dan teman-temannya diajarkan antisipasi jika terjadi bencana. Juga diajarkan mengenai alat-alat penanggulangan kebencanaan.

“Salah satu yang diajarkan adalah berlindung saat terjadi gempa, selain itu, juga dikenalkan alat-alat, mulai dari helm, tali, hingga alat – alat lain,” ujarnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Viral, Video Suami Cakades di Gending Ngamuk

Baca Juga

Kelayapan di Warkop, 27 Pelajar di Kota Pasuruan Digulung Satpol PP

Pasuruan,- Puluhan pelajar terjaring razia Satuan Polisi (Satpol PP) Kota Pasuruan, Senin (29/1/2024) pagi. Para …