LANGGAR LALIN: Anggota Polres Probolinggo saat memergoki pengendara yang melanggar lalulintas. (foto: Ainul Jannah)

Lima Hari Operasi Keselamatan Semeru 2023, Polisi Jaring 793 Pelanggar

Pajarakan,- Satlantas Polres Probolinggo menggelar Operasi Keselamatan Semeru, sejak Selasa (7/2/23) lalu. Hasilnya, ratusan pelanggar lalulintas terjaring.

Kasatlantas Polres Probolinggo AKP Sapari mengatakan, Operasi Keselamatan 2023 mengedepankan edukasi dan penindakan simpatik berupa teguran. Dengan demikian, maka hanya pelanggaran menonjol saja yang ditindak.

“Operasi sudah berjalan selama lima hari. Banyak pelanggar lalu lintas yang kami temukan saat operasi,” kata Sapari, Sabtu (11/2/23).

Berdasarkan data Satlantas Polres Probolinggo, selama 5 hari operasi Keselamatan Semeru 2023, terjaring 793 pelanggar. Sebanyak 12 kendaraan ditindak sebab membahayakan pengendara lain dan berpotensi menyebabkan lakalantas.

Menurut Sapari, 12 pelanggar lalulintas itu dikenai tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Sementara 781 pelanggar lainnya hanya mendapatkan teguran.

“Mayoritas memang edukasi dan teguran. Jadi hanya beberapa saja yang ditindak oleh mobil incar atau mobile ETLE,” ujar dia.

Operasi Keselamatan Semeru 2023, lanjut Sapari, dilaksanakan selama dua pekan. Terhitung mulai Selasa (7/2/23) lalu hingga Senin (20/2/23) mendatang.

Ada tujuh pelanggaran yang menjadi sasaran operasi ini. Meliputi pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara dibawah umur, dan pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm Standart Nasional Indonesia (SNI).

Kemudian untuk pengemudi kendaraan roda empat yang tidak menggunakan safety belt, pengendara dalam pengaruh alkohol, pengendara yang melawan arus, serta pengendara atau pengemudi melebihi batas kecepatan.

“Dalam operasi ini kami selalu mengedepankan upaya edukatif, dan preventif. Harapannya, operasi ini mampu meningkatkan kesadaran berlalu lintas pada masyarakat,” pungkas Sapari.(*) 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Peringati Hadipro ke-664, Pemkot Probolinggo Gelar Beragam Kegiatan

Baca Juga

Banyak Kendaraan ‘Overload’ Melintas, Pj Bupati Probolinggo Sidak Portal Pembatas Tonase

Probolinggo,- Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, Selasa siang (7/5/24) melakukan sidak di dua lokasi portal …