petugas BPBD Kota melakukan penyedotan di salah satu lokasi genangan (istimewa)

BPBD: Puluhan Lokasi Terdampak Banjir

Probolinggo – Hujan yang mengguyur Kota Probolinggo membuat puluhan lokasi dan ribuan rumah di Kota Probolinggo terdampak genangan. Hingga Sabtu siang (11/2/2023), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo masih menyedot genangan di sejumlah lokasi.

Dari data BPBD Kota Probolinggo, sejak terjadi hujan lebat selama tujuh jam pada Jumat sore kemarin mengakibatkan 50 lokasi di lima kecamatan terdampak genangan. Lokasi tersebut di antaranya, Kecamatan Kanigaran Jalan Pahlawan di dekat dealer motor, Jalan Tjokroaminoto, dan Jalan Cangkring.

Di Kecamatan Mayangan genangan terjadi di antaranya Kampung Dok, Jalan Sunan Kalijaga, dan Jalan Pattimura.

Di Kecamatan Kademangan genangan terjadi di antaranya, di Jalan Merbabu, Jalan Flamboyan, dan Jalan Argopuro.

Selanjutnya di Kecamatan Kedopok genangan terjadi di antaranya, di Jalan Mastrip di dua gang, Jalan Musi, dan tiga gang di Kelurahan Jrebeng Wetan.

Dan di Kecamatan Wonoasih genangan terjadi di Jalan Lumajang, Jalan Langsep, dan Perum Pakistaji.

“Genangan yang terjadi ini karena hujan yang mengguyur Kota Probolinggo cukup deras, dengan intensitas sekitar tujuh jam, sehingga dari assesmen yang BPBD lakukan total terdapat sekitar 50 lokasi,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Probolinggo, Sugito Prasetyo.

Meski hujan telah reda, namun di tiga lokasi masih terjadi genangan. Sehingga BBPD hingga Sabtu siang masih menyedot air agar cepat surut.

Karena ada tiga lokasi maka BPBD menerjunkan tiga tim yang tersebar di Jalan Bendi, Kelurahan Triwung Lor, Gang Hijrah, Kelurahan Sukoharjo dan Kelurahan Pakistaji.

“Dari asesmen, serta pendataan yang kami lakukan, selain puluhan lokasi tergenang, akibat hujan kemarin juga berdampak pada total 2.099 kepala keluarga,” ujarnya.(*) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Warga Tangkap Emak-emak Diduga Copet di Pasar Senin, ini Kronologi Kejadiannya

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Olah TKP Laka, Polisi Sebut Moge yang Dikendarai Korban Bodong

Probolinggo,- Kecelakan maut yang melibatkan tiga kendaraan dan mengakibatkan pasutri pengendara moge tewas, di jalur …