UPAYA: Petugas dinkes bagikan susu dan telur ke pengendara motor (foto: Hafidz Rozani).

Turunkan ‘Stunting’, Dinkes Bagikan Telur dan Susu

Probolinggo – memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh pada Rabu (25/01/23), Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo membagikan puluhan paket susu dan telur. Diharapkan dengan momen ini, Kota Probolinggo dapat menurunkan angka stunting yang saat ini mencapai 12%.

Pembagian sekitar 50 paket telur dan susu ini digelar di depan kantor Dinkes dan P2KB Kota Probolinggo, Jalan Suroyo. Setiap pengendara, khususnya yang membawa anak-anak yang melintas diberi paket susu dan telur ini.

Sub Koordinator, Promosi Kesehatan, dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinkes dan P2KB, drg. Luluk Muyasaro mengatakan, sesuai dengan tema Hari Gizi Nasional yakni “protein hewani cegah stunting”, pihaknya turut berupaya menurunkan angka stunting nasional dengan salah satu caranya yakni membagikan susu dan telur.

“Angka stunting di Kota Probolinggo saat ini mencapai 12 persen, di mana angka tersebut berada di bawah angka stunting nasional yang mencapai 14 persen. Namun demikian kami memiliki target menurunkan angka stunting menjadi 11 persen,” ujarnya.

Masih menurut drg. Luluk dari angka stunting yang mencapai 12 persen ini, stunting di 29 Kelurahan di Kota Probolinggo ini merata. Tidak ada satu wilayah yang angka stuntingnya mendominasi.

Dengan memiliki target menurunkan angka stunting menjadi 11 persen, maka seluruh kegiatan kesehatan ditujukan untuk pencegahan stunting. Untuk strateginya yakni melalui promosi kesehatan dibmana masyarakat harus hidup sehat.

Mulai dari buang air besar (BAB) di jamban yang bersih, pola makan dengan protein hewani, ASI eksklusif, persalinan di tenaga kesehatan, serta tablet penambah darah kepada remaja dan ibu hamil.

“Selain digawangi oleh Dinkes dan P2KB, untuk pencegahan stunting ini kami melibatkan lintas sektor, di antaranya Dinas Pertanian, Bappeda, hingga menggandeng perguruan tinggi,” ujarnya.

Baca Juga  Waspada! Covid-19 Kembali Melonjak, Warga Diminta Siaga

Dan untuk mewujudkan pencegahan stunting, diharapkan para orangtua memberikan protein hewani, dengan memelihara unggas hingga beternak lele untuk kemudian di konsumsi.

“Dengan tips ini protein hewani dari telur, hingga ikan lele, dan ikan laut ini dapat diberikan kepada anak, sehingga dapat mencegah stunting pada anak,” ujarnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …