PASURUAN-PANTURA7.com, Sebanyak 19 orang pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Pasuruan dinyatakan positif Covid-19. Mereka terkonfirmasi Covid-19 berdasarkan hasil swab.

“Ada 20 orang yang di swab, hasilnya 19 orang positif dan 1 orang negatif Covid-19. Saat ini masih dikarantina dan dilakukan treatment di shelter Kecamatan Panggungrejo dan shelter Purworejo,” kata Humas Gugus Tugas Covid-19 Kota Pasuruan, Kokoh Ari Hidayat, Rabu (12/08/2030).

Mereka menjalani tes swab setelah Gugus Tugas Covid-19 Kota Pasuruan, melakukan tracing terhadap pegawai yang terlibat kontak erat dengan D-N. Pasien D-N ini diketahui meninggal pada Rabu (05/08/2020), dimana dari hasil swab, ia dinyatakan positif Covid-19.

Awalnya, sebanyak 53 orang dari Dispendukcapil Kota Pasuruan menjalani rapid tes massal begitu D-N terkonfirmasi positif terinfeksi virus korona. “Nah yang hasilnya reaktif, kemudian menjalani tes swab,” imbuh Kokoh.

Meski dinyatakan positif Covid-19, namun 19 orang ini kondisinya sehat, tidak mengalami gejala apapun, “Seluruh pegawai yang ada di shelter sehat tanpa gejala,” tandasnya.

Pasien positif ini, akan menjalani karantina selama 10 hari, kemudian mereka akan dites swab ulang. Sementara kerabat dari masing-masing pegawai yang positif Covid-19 ini telah dilakukan tracing dan dilakukan rapid test.

“Belum ada yang reaktif, tapi mereka diminta untuk isolasi mandiri,” papar pria yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Pasuruan ini.

Dengan banyaknya pasien yang terkonfirmasi positif Covid-9, kantor Dispendukcapil Kota Pasuruan bisa dikatakan telah menjadi klaster. penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Bisa dikatakan, tapi semua sudah diantisipasi dengan mengisolasi mereka, melakukan penyemprotan disinfektan terhadap kantor dan memberlakukan WFH (Work From Home, red) selama 14 hari dan 10 hari treatment,” tutup Kokoh. (*)

Baca Juga  ABK Berstatus PDP Dimakamkan dengan Protokol Kesehatan


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi