TEREKAM: Aksi perampok terekam CCTV yang dipasang dalam kantor bank. (foto: Screenshot video CCTV)

Bank BRI di Lumajang Dirampok, Uang Rp180 Amblas

Lumajang,- Kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) unit Kunir di Desa Kunir Lor, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang, disatroni kawanan perampok, Jumat (20/1/2023) siang.

Perhitungan sementara, perampok membawa kabur uang sebesar Rp180 juta dari bank milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu.

Perampok yang berjumlah dua orang beraksi sekitar pukul 12.15 WIB. Saat itu, kondisi bank sedang sepi karena semua karyawan pria tengah menunaikan shalat Jum’at di masjid terdekat.

Dari rekaman video CCTV di sekitar lokasi kejadian, terlihat dua orang perampok datang berboncengan dengan mengendarai sepeda motor Vario berwarna putih.

Salah satu pelaku menggunakan jaket berwarna hijau dan helm hitam. Sementara, satu pelaku lain terlihat mengenakan jaket berwarna hitam dan helm berwarna merah.

Sesaat sebelum masuk ke bank, perampok yang menggunakan jaket hijau tampak masuk ke ruang ATM yang berada di halaman parkir kantor BRI. Sementara rekannya memarkirkan sepeda motor yang dikendarai.

Tak berselang lama, kawanan perampok masuk ke dalam bank sambil membawa sebilah pisau besar. Senjata tajam itu berbalut sarung tangan hitam.

Keduanya masuk dengan leluasa lantaran semua karyawan pria dan petugas keamanan bank sedang melaksanakan shalat jumat.

Setelah masuk, pelaku langsung menuju meja teller dan menodongkan senjata tajam ke arah karyawati penjaga teller.

Pelaku memaksa karyawati tersebut memasukkan semua uang yang ada di laci meja teller. Tidak hanya itu, pelaku juga membuka brankas dan mengambil semua uangnya.

Bahkan, pelaku juga ikut memasukkan uang ke dalam kantong berwarna hitam. Setelah semua uang terkuras, kedua pelaku langsung meninggalkan bank dan kabur ke arah utara atau arah kota Lumajang.

Salah satu saksi kejadian, Jaelani mengatakan, ciri-ciri fisik pelaku, salah satunya berbadan gemuk dan satu pelaku lain berpostur tinggi besar.

Baca Juga  Blarrrr.. Dua Rumah Warga Banyuanyar Dilempar Bondet

“Tadi pimpinan (bank) sudah berangkat Jum’atan, satpam juga Jum’atan semuanya. Ciri-cirinya yang satu gemuk, pelaku satunya lagi tinggi pakai helm teropong jadi tidak kelihatan wajahnya,” urai Jaelani.

Wakapolres Lumajang, Kompol Andi Febriyanto Ali mengatakan, pihaknya masih memburu keberadaan pelaku berbekal rekaman kamera CCTV di lokasi kejadian. Ia juga telah melaporkan kejadian itu ke Polda Jawa Timur.

“Kami masih lakukan penyelidikan, untuk sementara masih kita hitung kerugiannya. Sesuai CCTV ada dua orang, kita sudah laporkan ke Polda Jatim dan berkoordinasi dengan jajaran reskrim di seluruh Jawa Timur,” bebernya.(*) 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga

Bawa Kabur Motor, Warga Wonomerto Babak Belur Dihajar Massa

Probolinggo,- Pradivia Riyandra (37) warga Desa Sepuhgembol, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo babak belur akibat dihajar …