Pekan Ini, Bawaslu Kabupaten Probolinggo Buka Lowongan PD

Probolinggo – Untuk memaksimalkan fungsi Pengawasan Pemilu, Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo segera membuka pendaftaran Pengawas Desa (PD). Jumlah PD yang dibutuhkan akan disesuaikan dengan jumlah desa dan kelurahan di Kabupaten Probolinggo.

Komisioner Bawaslu setempat, Zaini Gunawan mengatakan, pendaftaran PD ini akan dimulai pada 14 – 19 Januari 2023 mendatang. Namun, berbeda dengan perekrutan badan adhoc Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan yang mendaftar ke Bawaslu setempat, pendaftaran PD akan dilakukan di masing-masing kecamatan.

“Karena rekrutmennya dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan langsung. Sehingga pendaftar dilkukan di masing-masing kecamatan,” kata Komisioner yang menggawangi Divisi SDM dan Organisasi pada Bawaslu setempat tersebut, Selasa (10/1/2023).

Zaini melanjutkan, siapa pun bisa mendaftar untuk badan adhoc ini, namun ada usia minimum yang diberlakukan sebagai syarat, 21 tahun. Setiap desa akan dipilih seorang pendaftar terbaik untuk menjadi pengawas desa dalam Pemilu dan Pilkada mendatang.

“Silakan yang mau daftar, yang ingin mengabdikan diri untuk pelaksanaan pemilu yang jujur,” paparnya.

Zaini juga menyampaikan, adanya pendaftaran PD ini juga membuka peluang bagi masyarakat yang belum mempunyai pekerjaan. Sehingga, ia pun mempersilakan bagi siapa pun untuk menyiapkan diri.

“Tentunya, rekrutmen ini juga membantu menyerap tenaga kerja di Kabupaten Probolinggo. Sehingga angka pengangguran daerah bisa berkurang,” ungkapnya.

Sebagai informasi, sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Probolinggo telah melakukan rekrutmen panwaslu kecamatan atau panwascam di Kabupaten Probolinggo. Dari 735 peserta yang lulus tahap administrasi atau pemberkasan, sebanyak 72 pendaftar dinyatakan lulus dan diterima sebagai panwascam. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Tahapan Verifikasi Berakhir, Hanya 12 BCAD Kabupaten Probolinggo yang Penuhi Syarat

Baca Juga

Kandaskan Dua Kompetitor, Gus Mujib Kantongi Rekomendasi DPP PKB

Pasuruan,- KH. Abdul Mujib Imron atau Gus Mujib, memenangkan pertarungan dalam perebutan rekomendasi dari DPP …