Cuaca Ekstrem, Belasan Operator Snorkeling Giliketapang Tak Beroperasi 

Probolinggo – Cuaca ekstrem yang melanda Selat Madura sejak beberapa hari yang lalu membuat belasan operator snorkeling di Pulau Giliketapang, Kabupaten Probolinggo memutuskan untuk tidak beroperasi. Pihak operator snorkeling mengaku, tidak mau mengambil risiko karena khawatir membahayakan wisatawan.

Tidak beroperasinya belasan operator snorkeling ini disampaikan salah satu satu operator snorkeling, Nur Jailani. Dikatakan tidak beroperasinya jasa snorkeling miliknya ini karena saat ini cuaca di Selat Madura sedang ekstrem.

“Selain cuaca ekstrem, kondisi laut yang tidak bersahabat ini juga mempengaruhi pandangan saat snorkeling yang mana air laut keruh, sehingga pandangan wisatawan saat snorkeling kurang bagus,” ujarnya, Jumat (30/12/2022).

Meskipun penutupan operasional snorkeling ini sifatnya imbauan, dari total 17 operator snorkeling, sebanyak 14 operator snorkeling memutuskan untuk tidak beroperasi dan sisanya tetap beroperasi.

Ke-14 operator snorkeling memutuskan tidak beroperasi sejak hari ini Jumat (30/12/2022) hingga Senin (2/01/2023), sesuai imbauan BMKG. Sebab puncak cuaca ekstrem terjadi hingga Sabtu malam atau malam pergantian tahun.

“Sejak beberapa hari yang lalu, sudah banyak wisatawan yang ingin booking untuk snorkeling, bahkan ada yang memaksa. Namun karena cuaca buruk, serta tak mau ambil resiko, saya tolak demi keselamatan wisatawan,” imbuh Jailani.

Sementara, Kepala Desa Giliketapang, Munir mengatakan, meski tidak ada pengumuman tertulis namun banyak operator snorkeling memutuskan tidak beroperasi. Pemicunya saat ini cuaca sedang ekstrem. Sehingga banyak operator yang tidak mau mengambil risiko.

“Informasi yang saya terima tidak beroperasinya snorkeling ini mulai hari ini hingga Minggu. Senin operator snorkeling sudah mulai beroperasi lagi seperti biasa,” ujarnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Tuai Pro Kontra, Mengkudu Pada Pohon Mangga Dipetik

Baca Juga

TWSL Masih Jadi Wisata Favorit Libur Lebaran di Probolinggo

Probolinggo,- Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) Kota Probolinggo masih menjadi tempat favorit warga pada libur …