Nyepi, Jalur Bromo Probolinggo Ditutup

SUKAPURA-PANTURA7.com, Menjelang Hari Raya Nyepi, akses menuju kawasan wisata Gunung Bromo via Kabupaten Probolinggo ditutup. Penutupan jalur itu dilakukan untuk mencegah warga, khususnya para wisatawan lalu-lalang selama perayaan Nyepi.

Pantauan PANTURA7.com, penyekatan jalan dilakukan di 2 titik sekaligus, yakni di jalan raya Desa Wonokerto dan Ngadas, Kecamatan Sukapura. Penyekatan dimulai sejak Minggu (14/3/21) pukul 00.00 WIB.

Petugas gabungan dari warga jogoboyo, TNI/Polri hingga Satpo PP, berjaga di 2 pos penyekatan. Wisatawan yang ingin melalui jalur itu lantaran tidak mengetahui penutupan wisata Bromo, langsung diminta putar balik.

“Penjagaan dan penutupan jalan di Desa Wonokerto ini merupakan komitmen kerukunan umat beragama yang ada di sekitar Gunung Bromo,” kata Kepala Desa Wonokerto, Heri Triyono.

Petugas lintas sektor, bahkan lintas agama, dijelaskan Triyono, bersatu-padu menjaga pos penyekatan di desanya. “Dengan cara ini diharapkan ibadah Nyepi warga Hindu Tengger dapat berlangsung dengan khidmat,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Jogoboyo Mulyono mengatakan, untuk mengamankan jalannya ibadah Nyepi, Jogoboyo memang setiap tahun disiapkan untuk patroli membantu menjaga situasi Nyepi.

“Saat perayaan Nyepi ini, umat Hindu menjalani amati geni, amati karya, dan amati pikir, dan selama ibadah nyepi, warga umat hindu dipastikan aman saat menjalai ibadah,” papar dia.

Karena itulah, sambungnya, Joyoboyo yang berpakaian serba hitam ala pakaian khas Tengger, melebur bersama petugas gabungan untuk berjaga di setiap lokasi, terutama di pos penyekatan jalan.

“Penutupan jalur menuju Gunung Bromo ini akan dilakukan hingga Senin besok (15/3/21) sekitar pukul 06.00 WIB,” Mulyono menjelaskan. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Jelang Subuh, Sapi Warga Jrebeng Kulon Digondol Maling

Baca Juga

Wisata Kembali Dibuka, 200an Jeep Banjiri Bromo

SUKAPURA,- Sempat ditutup selama libur lebaran, objek wisata Gunung Bromo kini kembali bisa dinikmati oleh …