Belum Ada Rekom dari KASN, BKPSDM Kantongi Nama Plh Sekda

Kraksaan – Masa jabatan Soeparwiyono selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo akan berakhir di penghujung tahun ini. Namun hingga kini, calon penggantinya belum dapat dipastikan.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) setempat, Syamsul Huda mengungkapkan, hingga saat ini Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) belum mengeluarkan rekomendasi terkait nama yang dipilih untuk mengisi jabatan tersebut. Padahal, nama-nama kandidat sudah disetorkan sejak beberapa waktu yang lalu.

“Masih belum (ada rekomendasi dari KASN, Red.). Kami tetap menunggu, karena ini memang ranahnya KASN,” katanya, Jumat (30/12/2022).

Dengan belum adanya rekomendasi tersebut, posisi sekda selanjutnya akan dijabat oleh seorang Pelaksana Harian (Plh). Sehingga, jabatan sekda yang notabene merupakan posisi strategis, tidak mengalami kekosongan.

“Dipersiapkan Plh. Plh ini kemudian yang melanjutkan tugas dari Bapak Soeparwiyono setelah pensiun sebagai Sekda,” katanya.

Syamsul juga menjelaskan, pihaknya sudah mengantongi nama calon Plh sekda tersebut. Namun, ia masih enggan mengungkapkan identitas dari calon Plh sekda ini.

“Sudah ada, tapi hari Senin (2/1/2023) nanti baru diumumkan,” ujarnya.

Sebagai informasi, saat ini terdapat tiga calon Sekda Kabupaten Probolinggo yang baru. Ketiga calon Sekda tersebut, Edy Suryanto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). Heri Sulistyanto yang saat ini menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Probolinggo. Kemudian Ugas Irwanto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo.

Ketiganya dinyatakan lolos dalam sejumlah tes. Namun, pihak KASN hingga kini belum memberikan rekomendasi terhadap nama yang akan dipilih.

Hal itu disebabkan adanya laporan masyarakat yang menduga Panitia Seleksi (Pansel) dalam tahapan penjaringan melakukan pelanggaran. (*)

Baca Juga  Pasca Hujan Deras, Pohon Asam Roboh Tutup Jalan

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …