Nelayan Mayangan Gelar Larung Sesaji Bumi

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pirukunan Purwo Ayu Mardi Utomo (PAMU), menyelenggarakan larung sesaji bumi di kawasan Pelabuhan Perikanan Pantai Indonesia (PPPI), Mayangan, Kota Probolinggo, Sabtu (15/9/2018). Ritual ini untuk memperingati 1 Suro 1952.

Diawali sejumlah reyog Ponorogo, sesaji bumi lebih dulu dikirab di kawasan PPPI. Sesaji terdiri antara lain, kepala sapi, sayur mayur, buah-buahan, tebu, burung merpati, ayam, hingga pakaian anak-anak yang diruwat.

Ketua PAMU Probolinggo, Bambang Supriyono Suronoto (72) kemudian memimpin ritual larung sesaji bumi. Mbah Guco, panggilan akrab Bambang Supriyono Suronoto, kemudian memimpin doa dengan bahasa Arab (secara Islam) diakhiri doa berbahasa Jawa.

Inti doa Mbah Guco, meminta kepada Tuhan Yang Maha Esa agar masyarakat Probolinggo selamat termasuk warga nelayan. “Semoga warga Probolinggo, kota dan kabupaten senantiasa selamat, banyak rezekinya,” tandasnya.

Warga Mayangan gelar ritual sebelum melarung sesaji ke tengah laut. (im)

Usai didoakan, sesaji yang diangkut dalam gethek (perahu dari bambu, red) ditarik ke tengah laut dengan kapal. Sesampai di laut lepas, sesaji bumi kemudian dilepas atau yang dikenal dengan sebutan larung.

Sayangnya, even yang diharapkan menjadi destinasi wisata oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Probolinggo justru masih sepi pengunjung. Hanya terlihat sekitar 100 warga di lokasi, itupun sudah termasuk panitia, jajaran Pemkot dan Muspika Mayangan.

Suasana kian lengang karena Walikota Probolinggo Rukmini dan Sekdakot Bambang Agus Suwignyo tidak datang. Padahal ritual ini merupakan tradisi tahunan yang tahun lalu terpaksa ditiadakan karena minimnya pasokan dana.

“Mohon maaf, Ibu Walikota dan Bapak Sekdakot tidak bisa datang, sehingga saya yang mewakili Pemkot Probolinggo,” demkian penjelasan darii Sukam, Asisten Pemkot Probolinggo. (*)

 

Penulis : Ikhsan Mahmudi
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Jelang Agustusan, Penjual Bambu Panen

Baca Juga

Tarik Wisatawan, Dispopar Kota Probolinggo Siapkan 37 Even Wisata

Probolinggo,- Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar) Kota Probolinggo menyusun 37 even yang akan dilaksanakan …