Nestapa Petambak di Kota Pasuruan, Gagal Panen Gara-gara Banjir

Pasuruan,- Belasan hektar tambak ikan di Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan terendam banjir. Akibatnya, petani tambak gagal panen dan mengalami kerugian puluhan juta.

“Ada 12 petak tambak warga yang terendam banjir,” kata warga setempat, Mahali (42) saat ditemui di area tambak, Kamis (29/12/2022) sore.

Banjir yang melanda tambak ikan tersebut, menurutnya, terjadi Kamis (29/12/2022) dini hari sekitar pukul 00.00 WIB. Hujan deras yang mengguyur wilayah Pasuruan mengakibatkan debit air Sungai Petung naik.

“Kemarin itu hujan deras, tanggulnya jebol, sehingga air sungai meluber ke tambak warga,” ujar dia.

Mahali mengungkapkan, tanggul yang jebol panjangnya sekitar 20 meter.Tanggul tersebut letaknya di sisi timur sungai dan dibalik tanggul, terdapat belasan tambak ikan.

“Saya punya tambak bandeng satu petak, beruntung punya saya sudah panen. Tapi tambak warga yang lainnya banyak yang belum panen,” jelasnya.

Warga lainnya, Zakiyah (31) mengatakan, akibat terendam banjir, tambak milik keluarganya dipastikan gagal panen. Zakiyah berharap musibah ini segera mendapat penanganan dari pemerintah. Para petani juga khawatir kejadian serupa kembali terjadi.

“Punya keluarga saya gagal panen dan rugi puluhan juta. Keluarga saya itu memiliki empat petak tambak bandeng, satu petak isinya 7 ribu ekor bandeng. Saya berharap segera ada penanganan, karena para petani tambak khawatir,” ujar Zakiyah.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pasuruan, Gustap Purwoko mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas Surabaya, karena Sungai Petung kewenangan BBWS.

“Untuk penanganan sementara, dilakukan mulai Jum’at besok. Nanti akan dipasang sand bag atau kantong pasir untuk menahan arus sungai,” janji Gustap. (*) 

Baca Juga  Diduga Ilegal, 11 Tambang di Pasuruan Dilaporkan ke Polisi

 

Editor : Efendi Muhammad

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga

Heboh Penemuan Mayat di Kali Regoyo Lumajang, Ternyata ini Faktanya

Lumajang,- Warga Desa Regoyo, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang dihebohkan dengan penemua mayat yang nyangkut dibebatuan …