Legislator PKS Dorong BUMN Topang Pertumbuhan Ekonomi Nasional lewat UMKM

Lumajang,- BUMN memiliki peran penting dalam mendorong perekonomian nasional. Peran BUMN juga strategis dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi para pelaku UMKM.

Hal itu disampaikan anggota Komisi VI DPR RI Amin Ak, dalam sosialisasi bertajuk Peran Kemitraan UMKM dan BUMN Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi, yang digelar di Hall As-Salam, Lumajang, Minggu pagi (27/11/12).

Amin menyebut, BUMN memiliki peran strategis sebagai pelaksana pelayanan publik, penyeimbang kekuatan-kekuatan swasta besar, dan turut membantu pengembangan usaha kecil/koperasi.

“BUMN itu punya peran strategis, BUMN bisa menjadi pelaksana pelayanan publik, penyeimbang kekuatan-kekuatan swasta besar, dan turut membantu pengembangan usaha kecil/koperasi,” terang Amin.

Amin menambahkan, BUMN mempunyai sektor produksi yang mencakup kebutuhan masyarakat dalam banyak bidang. Misalnya bidang pengelolaan sumber daya alam, telekomunikasi, listrik, transportasi umum, dan lain-lain.

Hal tersebut, menurut wakil rakyat yang juga anggota Badan Legislasi DPR RI itu, dapat dijangkau oleh BUMN dalam skala besar dan mencakup berbagai aspek yang menjadi bagian dalam ekonomi.

“Saya baca di website resmi BUMN bahwa kontribusi BUMN dalam pertumbuhan ekonomi sebesar 5,44 persen pada triwulan II 2022, itu katanya berdasarkan data dari BPS di pertengahan tahun 2022,” ujar legislator dari Fraksi PKS ini.

Amin melanjutkan, dari angka tersebut dapat dinilai seberapa besar peran BUMN pada pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut tak lain karena prioritas BUMN terhadap keberpihakan kepada sektor UMKM.

“Kata Pak Erick Thohir, Menteri BUMN, BUMN ini menjadikan keberpihakan kepada sektor UMKM jadi prioritas. Terus nantinya pasti bakal berpengaruh ke perkembangan UMKM,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  KPK Obok-obok Kantor Dinas PUPR Kab. Probolinggo Selama 8 Jam

Baca Juga

Kendalikan Inflasi, Pemkab Lumajang Ajak Masyarakat Tanam Tanaman Cepat Panen

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, mengajak masyarakat menanam pangan cepat panen untuk menekan angka inflasi. …