Asprov PSSI Jatim Batal Gelar Liga 3 Jawa Timur

Probolinggo – Asprov PSSI Jawa Timur melalui rapat Exco telah resmi memutuskan, tidak akan menggelar Liga 3 pada tahun ini. Terkait dengan tak digelarnya Liga 3 tahun ini, Askot PSSI Probolinggo akan mempersiapkan squad Persipro 54 untuk mengisi squad sepak bola untuk ajang Porprov.

Melalui rapat exco yang digelar pada Senin (12/12/2022), seluruh anggota exco sepakat Liga 3 Jawa Timur tidak di gelar. Hal itu terkait banyaknya stadion klub Liga 3 yang tak memenuhi standard serta waktu digelarnya Liga 3 terlalu mepet dengan timeline Liga 3 putaran nasional.

Terkait hal tersebut, Ketua Askot PSSI Probolinggo, Eko Purwanto saat dikonfirmasi mengatakan, sebelum adanya keputusan Liga 3 Jatim batal digelar, Askot PSSI Probolinggo mendapat surat bahwa Liga 3 Jawa Timur kembali digelar sehingga Persipro 54 sepakat untuk ikut.

“Namun setelah memutuskan ikut, beberapa hari kemudian, Aspro PSSI Jawa Timur memutuskan untuk tidak menggelar Liga 3. Diprediksi pembatalaan Liga 3 Jawa Timur karena menghitung jumlah klub yang ikut sedikit karena klub Liga 3 menggunakan dana APBD,” ujarnya, Selasa (13/12/2022).

Eko mengungkapkan, terkait anggaran, sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB) dari pengurus sebelumnya yakni Rp250 juta. Anggaran sebesar itu sudah digunakan untuk seleksi pemain hingga uji coba, serta pengadaan jersey. Namun jika seandainya Liga 3 Jawa Timur tetap digelar, maka Persipro 54 tetap ikut, dan untuk anggaran, Askot PSSI Probolinggo akan menggunakan dana talangan.

Namun karena Liga 3 Jatim tidak digelar, maka Askot PSSI Probolinggo akan fokus pada persiapan hingga kejuaraan Porprov. Untuk Porprov sendiri, ada sekitar 12 pemain Persipro 54 yang bisa mengisi squad sepak bola untuk mewakili Kota Probolinggo di ajang Porprov.

“Karena memang selain sebagian besar squad Persipro 54 ini merupakan pemain lokal, beberapa pemain Persipro 54 juga di persiapkan untuk squad sepak bola di ajang Porprov,” imbuh Eko.

Baca Juga  Jaring Pebalap Muda, IMI Gelar Kejurprov Road Race di Probolinggo 

Sementara, dikonfirmasi terpisah, Pelatih Persipro 54, Ahmad Junaidi mengatakan, squad Persipro 54 sendiri sudah dibubarkan sementara, dan akan kembali berkumpul pada gelaran Liga 3 tahun depan. Namun demikian, pihaknya akan tetap melakukan seleksi untuk mengisi squad karena ada beberapa pemain yang umurnya lebih, sehingga secara regulasi tidak dapat dimainkan.

“Untuk pemain Persipro 54 di Liga 3 tahun depan akan kami seleksi lagi, mengingat beberapa pemain umurnya sudah lebih. Namun demikian ada 8 hingga 12 pemain yang dapat mengisi squad di ajang Porprov,” ujarnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Libas Persetala 4-1, Persekabpas Juarai Grup N dan Melaju ke Babak 32 Besar Liga 3 Nasional

Pasuruan,- Persekabpas Kabupaten Pasuruan menutup babak penyisihan grup N Liga 3 Nasional dengan gemilang. Mereka …