Viral, ‘Kiai’ Enggan Dievakuasi Saat Semeru Erupsi

Lumajang, – Sebuah video di media sosial (medsos) yang memperlihatkan seorang pria menggunakan peci putih menolak dievakuasi saat erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang pada Minggu (4/12/2022) lalu.

Bahkan, pria itu tampak emosional setelah diajak ke posko oleh petugas di lapangan. Ia juga membentak petugas dengan alasan dari dulu tak pernah mengungsi saat Gunung Semeru meletus.

“Ini urusan saya, gak usah ngatur, dari dulu saya tidak pernah lari,” kata pria yang diduga pengasuh pondok pesantren itu.

Tidak hanya itu, 15 santri di pondok tersebut, tidak diperbolehkan untuk dibawa ke pengungsian tersebut. “Bahkan, ia berani menjamin keselamatan 15 santri yang bertahan,” ujarnya dalam vidio tersebut.

Sementara, Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat dikonfirmasi perihal vidio yang beredar tersebut mengatakan, video yang beredar itu lokasinya di Desa Supiturang.

Thoriq membantah pria tersebut seorang pengasuh pondok pesantren. Berdasarkan informasi yang diperolehnya, tempat itu merupakan padepokan, bukan pondok pesantren.

“Saya terima informasi dari warga yang ada di Supiturang, memang benar tidak mau dievakuasi, tapi di sana bukan pondokan yang ada madrasah diniyahnya seperti halnya pondok pesantren, ada yang mengatakan di sana seperti padepokan,” jelas Thoriq, Selasa (6/12/2022).

Thoriq menambahkan, pihaknya akan tetap melakukan upaya evakuasi dan relokasi untuk mencegah korban jiwa. Bahkan, bupati berencana menyeberang ke Pronojiwo yang aksesnya terputus untuk memastikan semua warga telah dievakuasi.

“Jadi itu yang sedang kami tangani dan akan dilakukan evakuasi dan relokasi, tetap harus evakuasi,” ucap Thoriq.(*) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Diduga Selang BBM Bocor, Motor Warga Terbakar di SPBU

Baca Juga

Tebing Piket Nol Kembali Longsor, Jalur Lumajang – Malang Kembali Ditutup

Lumajang,- Jalur Piket Nol di KM 54 Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang kembali ditutup. …