BPBD Bangun Tiga Posko Dapur Umum

Lumajang, – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang menyiagakan tiga posko dapur umum untuk melayani pengungsi erupsi Gunung Semeru.

Dari tiga dapur umum itu setidaknya telah menyiapkan kebutuhan pengungsi yang mulai menurun dibanding hari pertama erupsi, Minggu (4/12/2022) lalu.

Kepala BPBD Kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastiadi mengatakan, semenjak pukul 18.00 WIB melakukan asesmen. “Total ada 699 jiwa pengungsi yang tersebar di 23 titik pengungsian,” kata Patria Dwi, saat dikonfirmasi Selasa pagi (6/12/2022).

Selain itu, BPBD Lumajang telah membuat tiga posko dapur umum, dengan berkoordinasi dengan instansi lainnya seperti PMI Kabupaten Lumajang dan Dinas Sosial Kabupaten Lumajang.

“Satu posko dapur umum berada di Balai Desa Penanggal sekaligus posko tanggap darurat utama. Dua posko dapur di Desa Sumberurip dari Dinsos Lumajang, dan Kecamatan Pronojiwo dari PMI Kabupaten Malang,” katanya.

Patria memastikan erupsi luncuran awan panas dari Gunung Semeru Minggu kemarin tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya dilaporkan tujuh orang menjalani rawat inap akibat luka yang dideritanya.

Erupsi juga merusak beberapa fasilitas bangunan mulai dari sekolah, jalan hingga tempat ibadah milik warga yang diterjang oleh aliran lahar Gunung Semeru.

“Fasilitas pendidikan, sekolah yang rusak satu, jalan desa sepanjang tiga kilometer, jembatan penghubung dua unit, dan empat tempat ibadah terdampak,” jelasnya.

Selain itu, guguran awan panas juga membuat 81 hektar area persawahan warga terdampak, sedangkan 20 ekor kambing warga mati. Warga juga mengevakuasi 109 kambing dan dua domba.

Sebelumnya diberitakan, Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas dengan ditandai luncuran awan panas beberapa kali. Terjauh sepanjang Minggu (4/12/2022) awan panas meluncur hingga radius 13 kilometer dan 7 kilometer.

Baca Juga  Akibat DBD, 244 Orang Dirawat, 5 Meninggal Dunia

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan, bahwa status gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut telah dinaikkan dari Level 3 atau Siaga menjadi Level 4 atau Awas sejak Minggu 4 Desember 2022 pukul 12.00 WIB.(*) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Pemkab Lumajang Sibuk Stabilkan Harga Pangan, Kekeringan Terabaikan

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab Lumajang) tengah gigih menjaga stabilitas harga beras di pasaran. Meski demikian, …