Percepat Perbaikan Jalan Rusak, Pemkab Probolinggo Beli Truk Alpomian

Maron– Perbaikan dan pemeliharaan jalan rusak di Kabupaten Probolinggo kini lebih mudah dan cepat. Sebab Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah memiliki Truk Alpomian.

Truk yang dirancang khusus untuk perbaikan jalan ini dibeli seharga Rp1,8 M oleh Pemkab Probolinggo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat.

Peresmian sekaligus operasional pertama dilakukan Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko di halaman Kantor Kecamatan Maron, Senin (5/12/22).

Wabup Timbul mengatakan, truk Alpomian merupakan truk multi fungsi yang bisa digunakan untuk proses tambal sulam jalan yang berlubang.

“Truk ini dilengkapi dengan jack hammer, pembersih debu aspal, penyemprot aspal, tangki aspal dan material aspal lainnya. Jadi sekali truk ini jalan sudah bisa langsung melakukan tambal sulam secara cepat dan hasilnya bagus,” papar Tumbul.

Meski keberadaan kendaaran multi fungsi itu akan sangat membantu percepatan perbaikan jalan rusak di Kabupaten, namun Timbul meminta warga, khususnya pengguna jalan bersabar.

Sebab idealnya, Kabupaten Probolinggo memiliki tiga unit truk Alpomian untuk dibagi dalam tiga wilayah berbeda. Adapun total ruas jalan yang harus segera diperbaiki sejumlah 500 ruas.

“Idealnya memang kita memerlukan tiga unit untuk wilayah Kabupaten Probolinggo, meliputi wilayah barat, tengah, dan timur. Tetapi ini untuk awalan saja, kedepan kita lengkapi,” jelasnya.

Dengan adanya truk alpomian ini, menurut Wabup Timbul, upaya perbaikan jalan yanh menjadi wewenang Pemkab Probolinggo akan semakin maksimal. Selain itu, tidak akan terjadi jalan berlubang yang semakin membesar.

“Sebelumnya menggunakan alat satu-satu yang terpisah, jadi memakan waktu lama dan biaya perbaikannya lebih mahal. Dengan adanya truk alpomian ini, satu kali jalan bisa langsung melakukan perbaikan di satu ruas jalan tersebut,” Timbul menjelaskan.

Baca Juga  Tarian Pembukaan Semipro Dikeluhkan Dewan

“Selanjutnya kita akan petakan ruas jalan yang menjadi prioritas perbaikan. Jadi selama materiil yang dibawa mempuni untuk melakukan perbaikan ya kami lakukan perbaikan di satu ruas jalan tersebut,” ia memungkasi. (*) 

 

Editor: Efendi Muhamad

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Tolak Perda Tempat Hiburan, Warga Geruduk Kantor DPRD Pasuruan

Pasuruan,- Sejumlah warga mendatangi kantor DPRD Kabupaten Pasuruan, Kamis (25/4/2024) siang. Kedatangan massa dari sejumlah …