Hewan Ternak Pengungsi Semeru Juga Dievakuasi 

Lumajang, – Pasca erupsi pada Sabtu (4/12/2022) kemarin, saat ini satuan petugas dari Kabupaten Lumajang mengevakuasi hewan ternak milik para pengungsi Gunung Semeru.

Evakuasi hewan dilakukan bersama warga di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro lantaran Gunung Semeru erupsi lagi.

Sekretaris Desa Sumberwuluh Samsul Arif mengatakan, evakuasi hewan ternak milik para pengungsi ini menjadi bagian penting dalam penanggulangan bencana. Sebab hal tersebut merupakan aset berharga bagi masyarakat di kawasan kaki gunung tertinggi di Pulau Jawa itu.

“Pagi ini masyarakat mulai evakuasi hewan ternak dibantu petugas di Kajar Kuning, kalau di Kampung Renteng relatif aman,” katanya, Senin (5/12/2022).

Menurutnya, Dusun Kajar Kuning menjadi salah satu daerah terparah yang terdampak Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru. Sehingga evakuasi hewan ternak tidak dapat dilakukan pada hari pertama karena kondisi medan yang masih rawan.

Evakuasi hewan ini bertujuan, agar hewan ternak milik warga Dusun Kajar Kuning terselamatkan. Sehingga aset daripada para warga yang mengungsi bisa tetap terjaga dan terselamatkan.

Selain itu juga guna mengantisipasi adanya oknum yang memanfaatkan kelengahan warga, seperti hilangnya hewan ternak saat erupsi semeru tahun lalu.

“Menurut pantauan kami ternak dikumpulkan di penanggal dan huntap di sana ada kandang dijadikan satu, untuk mencukupi kebutuhan pangan di sana ini kami belum tahu,” pungkasnya.(*) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Pasca Kebakaran, PT. Eratex Djaja Kembali Produksi

Baca Juga

Usai Lahar Hujan, Kini Gunung Semeru Muntahkan Material Vulkanik Hampir Satu Kilometer

Lumajang,- Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang mengalami erupsi dengan melontarkan abu vulkanik hingga 1 kilometer …